(ABSTRAK.doc)Kemampuan Guru Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Pengetahuan Sosial SMP/MTs Muhammadiyah se- Kabupaten Kendal Tahun Ajaran 2008-2009

Abdul Malik, 3201403054 (2010) (ABSTRAK.doc)Kemampuan Guru Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Pengetahuan Sosial SMP/MTs Muhammadiyah se- Kabupaten Kendal Tahun Ajaran 2008-2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Guru sebagai ujung tombak pendidikan dan sebagai penentu keberhasilan dalam mencetak sumber daya manusia yang berkualitas dituntut untuk memiliki profesionalisme dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai tenaga pengajar. Pengajaran atau proses belajar mengajar pada dasarnya adalah proses yang diatur sedemikian rupa menurut langkah-langkah tertentu agar pelaksanaannya mencapai hasil yang diharapkan. Setiap perencanaan pembelajaran selalu berkenaan dengan proyeksi atau perkiraan mengenai apa yang akan dilakukan pada waktu melaksanakan pengajaran. Kesuksesan pelaksanaan pembelajaran harus diawali dengan pembuatan perencanaan yang matang. Karenanya kemampuan guru dalam membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang baik sebagai bagian dari proses perencanaan pengajaran mutlak di miliki oleh guru sebagai komponen yang mendukung terlaksananya kegiatan belajar mengajar yang efektif sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai secara sempurna. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: Sejauh manakah kemampuan guru dalam membuat rencana pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran pengetahuan sosial geografi SMP/MTs. Muhammadiyah se-Kabupaten Kendal tahun ajaran 2008-2009. Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui sejauh manakah kemampuan guru dalam membuat rencana pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran pengetahuan sosial geografi SMP/MTs. Muhammadiyah se-Kabupaten Kendal tahun ajaran 2008-2009. Populasi dalam penelitian ini adalah semua guru mata pelajaran pengetahuan social geografi yang mengajar di SMP/MTs Muhammadiyah se-Kabupaten Kendal Tahun Ajaran 2008-2009 yang berjumlah 13 orang guru, karena dalam penelitian ini jumlah populasi guru berjumlah 13, (tidak mencapai 100), maka sampel diambil secara keseluruhan populasi. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah rating scale. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini dianalisis dengan teknik diskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru SMP/MTs Muhammadiyah se- Kabupaten Kendal memiliki kemampuan yang cukup dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran, hanya 23% guru SMP/MTs Muhammadiyah se- Kabupaten Kendal yang sudah memiliki kemampuan tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: Secara keseluruhan guru SMP/MTs Muhammadiyah se-Kabupaten Kendal memiliki kemampuan yang cukup dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran, hanya 23% guru SMP/MTs Muhammadiyah se-Kabupaten Kendal yang sudah memiliki kemampuan tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan. (1) Guru lebih meningkatkan lagi kemampuannya dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran sebagai pedoman dalam melaksanakan pembelajaran. (2) Majelis Dikdasmen Kendal sebagai penyelenggara pendidikan hendaknya segera melakukan pelatihan pembuatan media bagi guru untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menyampaikan pelajaran kepada siswa sehingga hasil pembelajaran siswa meningkat. (3) Majelis Dikdasmen Kendal sebagai penyelenggara pendidikan hendaknya segera meningkatkan sarana dan prasarana sekolah sebagai pendukung kegiatan belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Kemampuan Guru dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Alvian Unnes
Date Deposited: 17 Nov 2011 07:35
Last Modified: 17 Nov 2011 07:35

Actions (login required)

View Item