Pengembangan Media Pembelajaran dengan Program Power Point 2007 Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas VII Semester 1 MTs Al Asror Kota Semarang Tahun Ajaran 2009/2010

ISUD MARGARATNA ROCHBANI, 1102404057 (2011) Pengembangan Media Pembelajaran dengan Program Power Point 2007 Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas VII Semester 1 MTs Al Asror Kota Semarang Tahun Ajaran 2009/2010. Under Graduates thesis, UNNES.

WarningThere is a more recent version of this item available.
[img]
Preview
PDF (Pengembangan Media Pembelajaran dengan Program Power Point 2007 Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas VII Semester 1 MTs Al Asror Kota Semarang Tahun Ajaran 2009/2010) - Published Version
Download (25Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Rochbani, Isud Margaratna. 2010. Pengembangan Media Pembelajaran dengan Program Power Point 2007 Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas VII Semester 1 MTs Al Asror Kota Semarang Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Drs. Hardjono, M.Pd., Pembimbing II: Dr. Titi Prihatin, M.Pd, Kata Kunci : program power point 2007, media pembelajaran, mata pelajaran IPA Berdasarkan hasil observasi awal pada mata pelajaran IPA kelas VIII di MTs Al Asror Semarang terlihat kegiatan belajar mengajar masih berpusat pada guru (teacher centered), guru masih menggunakan metode ceramah dan guru belum memanfaatkan media yang berbasis komputer. Sedangkan siswa dalam kegiatan pembelajaran masih cenderung pasif, hanya beberapa siswa saja yang terlihat aktif. Berdasarkan hal tersebut dikembangkanlah media pembelajaran dengan program Power Point 2007 mata pelajaran IPA sebagai salah satu sumber belajar. Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian Research and Development. Research And Development (penelitian dan pengembangan) dilaksanakan melalui beberapa langkah. Langkah-langkah Research And Development meliputi : masalah dan potensi, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, ujicoba produk, revisi produk, ujicoba pemakaian, revisi produk dan produksi masal. Uji pemakaian produk menggunakan metode eksperimen bertujuan untuk mengetahui efektivitas pemanfaatan media pembelajaran dengan program Power Point 2007 pada mata pelajaran IPA pada siswa kelas VII semester 1 MTs Al Asror Semarang tahun ajaran 2009/2010. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelompok kontrol (ceramah) sebesar 6,42 dan nilai rata-rata kelompok eksperimen (menggunakan media pembelajaran) sebesar 6,92 Adanya perbedaan hasil belajar antara pembelajaran yang menggunakan media pembelajaran di bandingkan dengan ceramah ini, berarti bahwa penggunaan media pembelajaran dengan program Power Point 2007 sesuai diterapkan pada mata pelajaran IPA khususnya pada pokok bahasan kalor pada siswa kelas VII semester 1 MTs Al Asror Semarang tahun ajaran 2009/2010. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran dengan program Power Point 2007, sesuai dan efektif diterapkan pada mata pelajaran IPA pokok bahasan kalor siswa kelas VII Semester 1 MTs Al Asror Semarang. Berdasarkan simpulan di atas, maka disarankan bahwa guru dalam menyampaikan materi sebaiknya disertai dengan media pembelajaran yang berbasis komputer, sehingga akan membantu guru dalam menerangkan materi kepada siswa. Dengan demikian, proses pembelajaran akan lebih menarik, efektif dan efisien.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: program power point 2007, media pembelajaran, mata pelajaran IPA
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
    Depositing User: syaiful imam fisika
    Date Deposited: 17 Nov 2011 19:27
    Last Modified: 23 Nov 2011 03:27

    Available Versions of this Item

    Actions (login required)

    View Item