Perbedaan Prestasi Belajar Mahasiswa Sebelum dan Sesudah Mengikuti Program Remedial”.


Tri Udiono , 5201906022 (2007) Perbedaan Prestasi Belajar Mahasiswa Sebelum dan Sesudah Mengikuti Program Remedial”. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Perbedaan Prestasi Belajar Mahasiswa Sebelum dan Sesudah Mengikuti Program Remedial”.]
Preview
PDF (Perbedaan Prestasi Belajar Mahasiswa Sebelum dan Sesudah Mengikuti Program Remedial”.) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar mahasiswa yang belum memuaskan mengakibatkan mahasiswa harus menempuh jalur perbaikan dengan cara mengulang materi perkuliahan dari awal atau dengan mengikuti Program Percepatan Studi (Remedial). Program ini dianggap cara yang efektif dalam usaha perbaikan prestasi belajar mahasiswa. Guna membuktikan bahwa Program Remedial tepat unuk memperbaiki hasil belajar mahasiswa, maka dilakukan penelitian tentang ”Perbedaan Prestasi Belajar Mahasiswa Sebelum dan Sesudah Mengikuti Program Remedial. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) untuk mengetahui bagaimana perbedaan prestasi belajar mahasiswa sebelum dan sesudah mengikuti program remedial pada mahasiswa semester V Program Studi Teknik Mesin Diploma III angkatan 2004 Universitas Negeri Semarang. 2) Untuk mengetahui apakah program remedial tepat diterapkan pada proses belajar mengajar di Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang. Jenis penelitian ini adalah kausal komparasi (expose facto). Populasi dan sampel pada penelitian adalah mahasiswa Teknik Mesin Program Studi Diploma III semester gasal angkatan 2004 kelas paralel dan kelas reguler yang mengikuti Program Remedial. Data diambil dari dokumentasi kartu hasil studi mahasiswa dan dari dokumentasi nilai setelah mengikuti program remedial pada mata kuliah Matematika Terapan, Kimia Terapan dan Perpindahan Panas. Analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji Beda (Uji t) dan uji tanda (wilcoxon). Hasil analisis statistik menunjukan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar sebelum dan sesudah mengikuti program remedial. Rata-rata prestasi belajar mahasiswa sesudah mengikuti program remedial lebih baik dibandingkan dengan sebelum mengikuti program remedial. Mengacu pada hasil penelitian tersebut peneliti mengajukan saran sebagai berikut : 1) Dengan adanya program remedial ini hendaknya mahasiswa dapat memanfaatkannya secara tepat dan sesuai dengan ketentuannya. 2) Program remedial adalah sebagai langkah perbaikan prestasi belajar terakhir, hendaknya mahasiswa mengikuti dan melaksanakan dengan sebaik-baiknya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 02 Apr 2011 03:06
Last Modified: 25 Apr 2015 04:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/816

Actions (login required)

View Item View Item