(ABSTRAK.doc) Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Periklanan Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Menabung pada PT. BPR Weleri Makmur Semarang


Eka Budiarti, 3352405038 (2010) (ABSTRAK.doc) Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Periklanan Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Menabung pada PT. BPR Weleri Makmur Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ABSTRAK] Microsoft Word (ABSTRAK) - Published Version
Download (223kB)

Abstract

Kualitas pelayanan memiliki hubungan erat dengan kepuasan pelanggan. Kualitas layanan yang tinggi akan menyebabkan kepuasan pelanggan yang tinggi dan biasanya tinggi pula tingkat pembelian atau niat pembelian kembali. Dalam pemberian pelayanan, perusahan juga melakukan strategi promosi dengan media periklanan sehingga pelanggan dapat memilih produk atau jasa yang sesuai dengan harapan dan kebutuhannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan periklanan secara bersama-sama terhadap keputusan nasabah dalam menabung pada PT. BPR Weleri Makmur Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah jumlah keseluruhan para nasabah yang menabung di PT. BPR Weleri Makmur Semarang selama tahun 2009 sebesar 11.152 responden. Sedangkan sampelnya adalah 100 responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Accidental Sampling. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda, dimana sebelumnya dilakukan uji validitas dan reliabilitas serta uji asumsi klasik. Hasil penelitian menggunakan SPSS 12 diperoleh persamaan regresi berganda Y = 2,740 + 0,075X1 + 0,454X2. Berdasarkan hasil pengujian secara parsial menunjukkan bahwa pengaruh antara kualitas pelayanan terhadap keputusan nasabah adalah signifikan positif. Hal tersebut dibuktikan dengan taraf α = 5 % atau 0,05 diperoleh nilai thitung = 3,272 dan nilai signifikansinya sebesar 0,001 < 0,05. Pengujian hipotesis kedua menunjukkan bahwa pengaruh antara periklanan terhadap keputusan nasabah adalah signifikan positif. Hal ini dibuktikan pada taraf α = 5 % atau 0,05 diperoleh nilai thitung = 8,343 dan nilai signifikansinya sebesar 0,000 < 0,05. Pengujian secara simultan menunjukkan bahwa pengaruh kualitas pelayanan dan periklanan terhadap keputusan nasabah secara bersama-sama adalah signifikan. Dengan nilai Fhitung = 70,107 dan signifikansinya sebesar = 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa hendaknya kualitas pelayanan tersebut harus ditingkatkan, terutama mengenai pengelolaan SDM yang dimiliki agar kinerja optimum, misalnya mengadakan pelatihan dan pengembangan karyawan, sebaiknya pihak manajemen perusahaan menyajikan iklan yang lebih menarik perhatian seperti seringnya frekuensi penayangan iklan, sehingga masyarakat tertarik dan ingin menjadi nasabah, dalam usaha meningkatkan keputusan nasabah untuk menabung, maka hendaknya pihak karyawan sering melakukan kontak dengan nasabah seperti pemberitahuan naiknya suku bunga bank, sehingga hal itu akan mengingatkan nasabah untuk tetap menabung.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Periklanan, Keputusan Nasabah
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Alvian Unnes
Date Deposited: 17 Nov 2011 06:49
Last Modified: 17 Nov 2011 06:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/8156

Actions (login required)

View Item View Item