(ABSTRAK.pdf)Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Model Pembelajaran Interaktif Siswa Kelas IV SDN Sentul 01 Kecamatan Cluwak Kabupaten Pati


Dwi Budiarto, 1402907147 (2010) (ABSTRAK.pdf)Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Model Pembelajaran Interaktif Siswa Kelas IV SDN Sentul 01 Kecamatan Cluwak Kabupaten Pati. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
PDF (ABSTRAK) - Published Version
Download (113kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran bahasa Indonesia di kelas IV SDN Sentul 01 menggunakan model pembelajaran yang kurang tepat. Hal ini berdampak pada aktivitas guru, aktivitas siswa dan prestasi belajar rendah. Pada dasarnya, setiap proses pembelajaran bertujuan untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Dalam mencapai kompetensi tersebut diperlukan model pembelajaran dengan metode yang tepat sesuai dengan kemampuan guru, karakteristik siswa dan materi ajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia dengan penerapan modela pembelajaran interaktif. Model pembelajaran interaktif memberikan kesempatan kepada guru untuk mengembangkan potensi dan pengetahuan siswa. Model pembelajaran interaktif juga memberikan kesemapatan kepada siswa untuk belajar aktif dan mandiri. Dengan penerapan model pembelajaran interaktif, aktivitas guru, aktivitas siswa dan prestasi belajar siswa meningkat. Agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara optimal, maka penerapan model pembelajaran interaktif harus didukung dengan penguasaan kelas yang kondusif untuk belajar. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 3 siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian pada siklus I ketuntasan belajar 65,8%, siklus II meningkat dengan ketuntasan belajar 71,4% dan siklus III dengan ketuntasan 75,4%. Hasil aktivitas belajar siswa pada siklus I aktivitas siswa sebesar 80,75%, siklus II meningkat mencapai 81,5% dan siklus III mencapai 83%. Berdasarkan analisis diatas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran interaktif dapat meningkatkan meningkatkan keterampilan berbicara siswa, meningkatkan aktivitas belajar siswa dan meningkatkan kemampun guru dalam menggunakan model pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Interaktif, Diskusi, Keterampilan Berbicara
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Alvian Unnes
Date Deposited: 17 Nov 2011 04:12
Last Modified: 17 Nov 2011 04:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/8150

Actions (login required)

View Item View Item