Keefektifan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) pada Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII SMP”

Diyah ,, 4101403001 (2007) Keefektifan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) pada Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII SMP”. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

PDF (Keefektifan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) pada Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII SMP”) - Published Version
Restricted to Registered users only

Request a copy

    Abstract

    Ditinjau dari aspek kompetensi yang ingin dicapai, fokus pembelajaran matematika di sekolah adalah kemampuan memecahkan masalah disamping penguasaan konsep dan algoritma. Agar tujuan pembelajaran tercapai maka guru matematika perlu memilih pembelajaran yang tepat, salah satu pembelajaran yang diterapkan adalah PMR yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Apakah PMR lebih efektif daripada pembelajaran konvensional pada hasil kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII SMP? (2) Bagaimanakah penerapan kelima prinsip PMR pada guru dan siswa kelas VII SMP? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Keefektifan PMR pada hasil kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII SMP (2) Penerapan kelima prinsip PMR pada guru dan siswa kelas VII SMP. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 41 Semarang tahun pelajaran 2006/ 2007. Dengan teknik pengambilan sampel menggunakan cara random sampling diambil sampel sebanyak 2 kelas yaitu siswa kelas VII B sebagai kelas eksperimen yang dikenai PMR dan siswa kelas VII D sebagai kelas kontrol yang dikenai pembelajaran konvensional. Pada akhir pembelajaran kedua kelas sampel diberi tes akhir dengan menggunakan instrumen yang sama yang telah diuji validitas, reliabilitas, taraf kesukaran dan daya pembedanya. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah dokumentasi, tes dan observasi. Berdasarkan hasil uji normalitas dan homogenitas data hasil tes dari kedua kelompok tersebut diperoleh bahwa data kedua sampel normal dan homogen, sehingga untuk pengujian hipotesis digunakan uji t. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 1.685 sedangkan nilai ttabel = 1.67, oleh karena itu thitung > ttabel maka Ho ditolak dan hipotesis diterima. Jadi rata-rata hasil evaluasi pembelajaran pada kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh bahwa aktivitas siswa selama pembelajaran dengan menggunakan PMR terus mengalami peningkatan, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran terus meningkat dan perubahan sikap siswa terhadap pembelajaran juga terus membaik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa PMR lebih efektif daripada pembelajaran konvensional pada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII SMP. Disarankan guru dapat terus mengembangkan pembelajaran matematika realistik dan menerapkan pada pokok bahasan lain.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Subjects: Q Science > QA Mathematics
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 01 Apr 2011 22:59
    Last Modified: 01 Apr 2011 22:59

    Actions (login required)

    View Item