PENGARUH SUMBER BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 PATI TAHUN AJARAN 2009/2010


Febriana Eka Fudayanti , 7101406540 (2011) PENGARUH SUMBER BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 PATI TAHUN AJARAN 2009/2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH SUMBER BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 PATI TAHUN AJARAN 2009/2010]
Preview
PDF (PENGARUH SUMBER BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 PATI TAHUN AJARAN 2009/2010) - Published Version
Download (772kB) | Preview

Abstract

Prestasi belajar dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Beberapa faktor diantaranya adalah sumber belajar dan kemandirian belajar siswa. Kemandirian belajar merupakan faktor internal yang mendasari siswa untuk mau belajar, tanpa kemandirian belajar siswa tidak dapat belajar secara maksimal. Sumber belajar yang dipergunakan oleh siswa dirasa penting, guna untuk membantu belajar siswa memahami dan menguasai materi yang dipelajari. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh sumber belajar dan kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X MAN 1 Pati?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sumber belajar dan kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X MAN 1 Pati Tahun 2009/2010. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X MAN 1 Pati Tahun 2009/2010 sebanyak 119 siswa yang tersebar dalam 5 kelas. Terdapat tiga variabel yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu: sumber belajar (X1), kemandirian belajar (X2) dan prestasi belajar (Y). Pengumpulan data diambil melalui angket dan dokumentasi. Uji Instrumen dilakukan dengan uji validitas dan reliabilitas . Analisis data menggunakan analisis deskriptif presentase dan analisis regresi. Berdasarkan hasil analisis regresi diperoleh model regresi Y= 46,204+0,143X1+0,140X2, uji parsial dan simultan diperoleh signifikansi 0,000 < 0,05. Besarnya pengaruh sumber belajar dan kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X MAN 1 Pati Tahun Ajaran 2009/2010 adalah sebesar 17,4% dan 18,8% sisanya dipengaruhi faktor lain yang tidak dikaji. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa ada pengaruh sumber belajar dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X MAN 1 Pati Tahun 2009/2010 secara parsial maupun simultan. Hasil penelitian tersebut menyarankan kepada siswa agar menggunakan secara lebih efektif sumber belajarnya dan meningkatkan kemandirian belajar siswa agar selalu memberikan variasi-variasi dalam proses belajarnya untuk menghindari timbulnya rasa bosan ketika proses belajar berlangsung.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sumber Belajar, Kemandirian Belajar Siswa, Prestasi Belajar Ekonomi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 16 Nov 2011 02:32
Last Modified: 25 Apr 2015 06:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/8126

Actions (login required)

View Item View Item