Penerapan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar Pada Materi Pengelolaan Kingkungan di SMP Negeri 10 Semarang


Putri Kirana L , 4401404515 (2011) Penerapan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar Pada Materi Pengelolaan Kingkungan di SMP Negeri 10 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penerapan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar Pada Materi Pengelolaan Kingkungan di SMP Negeri 10 Semarang]
Preview
PDF (Penerapan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar Pada Materi Pengelolaan Kingkungan di SMP Negeri 10 Semarang) - Published Version
Download (7MB) | Preview

Abstract

Proses belajar mengajar merupakan rangkaian kegiatan komunikasi antara siswa yang belajar dengan guru yang mengajar. Pembelajaran biologi berkaitan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis, sehingga biologi bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta, konsepkonsep atau prinsip-prinsip saja tetapi juga merupakan suatu proses penemuan. Dalam pembelajaran biologi sumber belajar yang dapat digunakan sebagai alternatif adalah lingkungan di sekitar sekolah atau lingkungan di sekitar tempat tinggal siswa. Dengan pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar biologi diharapkan siswa mendapat pengalaman belajar yang konkret karena dapat mengamati langsung objek yang dipelajari, sehingga hasil belajar menjadi optimal. Aktivitas dalam penelitian ini adalah aktivitas siswa pada proses pembelajaran berlangsung dengan penerapan pendekatan Jelajah Alam Sekitar yang diamati menggunakan lembar observasi aktivitas siswa. Hasil belajar adalah kemampuan-kemampuan yang dimiliki siswa setelah menerima pengalaman kerja. Hasil belajar dalam penelitian ini adalah hasil belajar yang berupa nilai hasil tes evaluasi yang digabungkan dengan nilai lembar kerja siswa (LKS) dan tugas-tugas yang diberikan diakhir pembelajaran. Keaktifan siswa kelas VIIA telah mencapai 2 kategori yaitu kategori tinggi sebesar 41,66% dan kategori sedang sebesar 58,34%. Kelas VII B telah mencapai kategori tinggi sebesar 45,71% dan kategori sedang sebesar 54,29%. Ketuntasan belajar kelas VII A dan kelas VII B sebesar 100% menunjukkan ketercapaian indikator kinerja dari penelitian yang dilakukan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengelolaan lingkungan, jelajah alam sekitar, aktivitas, hasil belajar
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 16 Nov 2011 00:33
Last Modified: 25 Apr 2015 06:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/8113

Actions (login required)

View Item View Item