Pengembangan Modul Berbasis Learning Cycle dengan Penekanan pada Tahap Engagement dalam Pembelajaran Sistem Pernafasan di SMA


Fajriyah Liny Budiningsih , 4401406020 (2011) Pengembangan Modul Berbasis Learning Cycle dengan Penekanan pada Tahap Engagement dalam Pembelajaran Sistem Pernafasan di SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengembangan Modul Berbasis Learning Cycle dengan Penekanan pada Tahap Engagement dalam Pembelajaran Sistem Pernafasan di SMA]
Preview
PDF (Pengembangan Modul Berbasis Learning Cycle dengan Penekanan pada Tahap Engagement dalam Pembelajaran Sistem Pernafasan di SMA) - Published Version
Download (27MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di SMA 1 Sukorejo diperoleh informasi bahwa minat baca siswa dalam kategori tinggi tidak diikuti dengan referensi yang menarik, ringkas, dan lengkap terutama referensi yang merangsang belajar mandiri. Menurut pengakuan siswa SMA 1 Sukorejo, materi tentang sistem pernapasan berisi uraian yang tidak kasat mata, sehingga siswa kurang termotivasi dan kurang aktif dalam mempelajarinya. Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah mengembangkan modul sistem pernafasan berbasis learning cycle dengan penekanan pada tahap engagement. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui kelayakan modul sistem pernafasan yang digunakan sebagai bahan ajar menurut syarat kelayakan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Research and Development (R&D), dilakukan di SMA 1 Sukorejo. Uji coba lapangan Modul dilaksanakan di XI IPA 2. Validator menyatakan bahwa modul memenuhi standar kelayakan bahan ajar dari BSNP pada tahap I sebesar 100%, dan tahap II sebesar 92,45%. Modul sistem pernafasan mendapatkan tanggapan yang positif oleh 90,73% siswa dan 97,50% oleh guru. Berdasarkan penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa Modul sistem pernafasan berbasis LC telah sesuai dengan standar kelayakan BSNP dan layak digunakan dalam pembelajaran materi sistem pernafasan kelas XI SMA.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Modul, Learning Cycle, Engagement, Sistem Pernafasan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 16 Nov 2011 00:22
Last Modified: 25 Apr 2015 06:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/8110

Actions (login required)

View Item View Item