(ABSTRAK) Pengaruh Strategi Learning Start With A Question yang Dilengkapi Peta Konsep terhadap Hasil Belajar Kimia Pokok Bahasan Larutan Penyangga dan Hidrolisis Siswa Kelas XI SMA Pondok Modern Selamat Kendal Tahun Ajaran 2009/2010


Intana Sofiana, 4301406084 (2010) (ABSTRAK) Pengaruh Strategi Learning Start With A Question yang Dilengkapi Peta Konsep terhadap Hasil Belajar Kimia Pokok Bahasan Larutan Penyangga dan Hidrolisis Siswa Kelas XI SMA Pondok Modern Selamat Kendal Tahun Ajaran 2009/2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of (ABSTRAK) Pengaruh Strategi Learning Start With A Question yang Dilengkapi Peta Konsep terhadap Hasil Belajar Kimia Pokok Bahasan Larutan Penyangga dan Hidrolisis Siswa Kelas XI SMA Pondok Modern Selamat Kendal Tahun Ajaran 2009/2010]
Preview
PDF ((ABSTRAK) Pengaruh Strategi Learning Start With A Question yang Dilengkapi Peta Konsep terhadap Hasil Belajar Kimia Pokok Bahasan Larutan Penyangga dan Hidrolisis Siswa Kelas XI SMA Pondok Modern Selamat Kendal Tahun Ajaran 2009/2010) - Published Version
Download (64kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran yang hanya berlangsung satu arah menyebabkan siswa kurang aktif dalam belajar. Keaktifan siswa dapat dinilai dari peranannya dalam pembelajaran, misalnya bertanya, menjawab pertanyaan, dan memberi tanggapan. Adanya peran aktif siswa diharapkan siswa dapat menerima konsep pembelajaran dengan baik. Strategi Learning Start With a Question merupakan strategi yang dapat digunakan untuk mengaktifkan siswa dalam kelas. Strategi ini dapat terlaksana jika persiapan awal siswa sebelum pembelajaran maksimal. Peta konsep dapat digunakan untuk membantu mempersiapkan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mengetahui adanya pengaruh strategi Learning Start With a Question yang dilengkapi peta konsep terhadap hasil belajar siswa kelas XI IA SMA Pondok Modern Selamat Kendal. Seluruh siswa kelas XI IA SMA Pondok Modern Selamat Kendal tahun ajaran 2009/2010 merupakan populasi penelitian ini. Pengambilan sampel dengan teknik sampel jenuh dengan kelas XI IA 2 sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI IA 1 sebagai kelompok kontrol. Pengambilan data dilakukan dengan berbagai cara yaitu dokumentasi, tes, dan observasi. Hasil penelitian menunjukan pembelajaran kimia menggunakan strategi learning start with a question yang dilengkapi peta konsep memberikan kontribusi pengaruh sebesar 27,36% terhadap kognitif siswa. Saran yang dapat diberikan yaitu perlu pengembangan lebih lanjut strategi learning start with a question yang dilengkapi peta konsep dalam pembelajaran sebagai variasi strategi mengajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, Strategi Learning Start With a Question, peta konsep dan pengaruh.
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
Depositing User: Rizki Setiadi
Date Deposited: 15 Nov 2011 13:41
Last Modified: 15 Nov 2011 13:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/8105

Actions (login required)

View Item View Item