(ABSTRAK) Efektivitas Pembelajaran Inkuiri Berbasis ChemoEntre Preneurship terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Pokok Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan SMAN 1 Demak


Muamaroh , 4301406055 (2010) (ABSTRAK) Efektivitas Pembelajaran Inkuiri Berbasis ChemoEntre Preneurship terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Pokok Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan SMAN 1 Demak. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of (ABSTRAK) Efektivitas Pembelajaran Inkuiri Berbasis ChemoEntre Preneurship terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Pokok Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan SMAN 1 Demak]
Preview
PDF ((ABSTRAK) Efektivitas Pembelajaran Inkuiri Berbasis ChemoEntre Preneurship terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Pokok Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan SMAN 1 Demak) - Published Version
Download (122kB) | Preview

Abstract

Hasil studi pendahuluan yang dilakukan di SMA Negeri 1 Demak terhadap materi kelarutan dan hasil kali kelarutan selama empat tahun terakhir, menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal siswa kurang dari 85%, sehingga diperlukan model pembelajaran yang tepat dan bervariasi untuk menarik perhatian siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dari penggunaan pembelajaran inkuiri berbasis chemoentrepreneurship terhadap hasil belajar kimia aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IA SMA N 1 Demak tahun ajaran 2009/2010. Pengambilan sampel dilakukan secara acak menggunakan teknik cluster random sampling yaitu kelas XI IA-5 sebagai kelas eksperimen yang memperoleh perlakuan dengan menggunakan pembelajaran inkuiri berbasis chemoentrepreneurship dan kelas XI IA-6 sebagai kelas kontrol yang memperoleh perlakuan dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi, tes, observasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan pembelajaran inkuiri berbasis chemoentrepreneurship dan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Rata-rata ketuntasan belajar pada kelas XI IA-5 sebesar 73,59 dan ketuntasan klasikal sebesar 93,48%. Penilaian dari ranah afektif dan psikomotorik diperoleh nilai rata-rata siswa sebesar 80,76 dan 79,46. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kimia dengan menggunakan pembelajaran inkuiri berbasis chemoentrepreneurship efektif terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMAN 1 Demak tahun ajaran 2009/2010.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: inkuiri, chemoentrepreneurship
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
Depositing User: Rizki Setiadi
Date Deposited: 15 Nov 2011 13:35
Last Modified: 15 Nov 2011 13:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/8104

Actions (login required)

View Item View Item