(ABSTRAK) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif STAD dengan Peta Konsep Pada Pokok Bahasan Redoks Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Sma N 1 Ungaran.
Agnes Ariningtyas, 4301406040 (2010) (ABSTRAK) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif STAD dengan Peta Konsep Pada Pokok Bahasan Redoks Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Sma N 1 Ungaran. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF ((ABSTRAK) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif STAD dengan Peta Konsep Pada Pokok Bahasan Redoks Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Sma N 1 Ungaran.)
- Published Version
Download (64kB) | Preview |
Abstract
Penerapan kurikulum berbasis kompetensi yang telah direvisi menjadi kurikulum tingkat satuan pendidikan menuntut perubahan dalam pendidikan dan pembelajaran. Salah satu perubahannya adalah orientasi pembelajaran yang semula berpusat pada guru beralih berpusat pada siswa. Berdasarkan hasil observasi di SMAN 1 Ungaran , dalam menerangkan materi pelajaran kimia lebih sering dilakukan didalam kelas karena hanya terdapat satu ruang multimedia sedangkan jumlah kelas yang memanfaatkan ruang tersebut sangat banyak sehingga dibutuhkan suatu model pembelajaran yang inovatif dan berpusat pada siswa sehingga siswa tidak merasa bosan dan terlibat aktif. Salah satunya yaitu model pembelajaran kooperatif STAD dengan peta konsep. .Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif STAD dengan peta konsep pada pokok bahasan redoks terhadap hasil belajar siswa. Populasi pada penelitian ini adalah semua siswa kelas X1-X9 semester II SMA Negeri 1 Ungaran tahun pelajaran 2009/2010. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Berdasarkan hasil random diperoleh kelas X5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X6 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dokumentasi, tes, angket dan observasi. Metode analisis data terdiri atas analisis tahap awal dan analisis tahap akhir. Analisis tahap awal meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan Uji Anava. Sedangkan analisis tahap akhir meliputi uji normalitas, uji kesamaan dua varians, uji perbedaan dua rata-rata, uji korelasi biserial, penentuan koefisien determinasi, dan analisis hasil angket dan observasi. Hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 84,09, sedangkan kelas kontrol 78. Rata-rata skor aspek psikomotorik kelas eksperimen yaitu 84,89 sedangkan kelas kontrol yaitu 81,87. Rata-rata skor aspek afektif kelompok eksperimen yaitu 88,67 sedangkan kelompok kontrol yaitu 84,71. Hasil analisis data menunjukkan adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif STAD dengan peta konsep terhadap hasil belajar kimia redoks siswa yang ditunjukkan dengan angka korelasi 0,517, dengan pengaruh 26,78%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif STAD dengan peta konsep berpengaruh terhadap hasil belajar kimia redoks siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kooperatif STAD, Peta Konsep, Hasil Belajar |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1 |
Depositing User: | Rizki Setiadi |
Date Deposited: | 15 Nov 2011 13:09 |
Last Modified: | 15 Nov 2011 13:09 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/8095 |
Actions (login required)
View Item |