(ABSTRAK)Pengaruh Pendekatan SETS-CET Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa SMA Pondok Modern Selamat Kendal Pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan.


Rijal El Hanif, 4301406080 (2010) (ABSTRAK)Pengaruh Pendekatan SETS-CET Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa SMA Pondok Modern Selamat Kendal Pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
PDF (ABSTRAK) - Published Version
Download (82kB) | Preview

Abstract

Hasil observasi awal yang dilakukan peneliti di SMA Pondok Modern Selamat Kendal kelas XI IPA tahun ajaran 2009/2010, menunjukkan bahwa rata-rata nilai UAS I siswa kelas XI IPAI sebesar 61,77 dan kelas XI IPA2 sebesar 62,46. Hal itu menunjukkan bahwa hasil belajar siswa belum mencapai ketuntasan. Selain itu metode pembelajaran yang umum dilakukan oleh guru adalah ceramah, serta motivasi belajar siswa masih rendah. Oleh karena itu, peneliti menerapkan pendekatan SETS (Science, Environment, Technology, And Society)-CET (chemo-edutainment) agar siswa memiliki kecintaan terhadap ilmu kimia dan dapat menikmati setiap pembelajaran yang dilakukan tanpa ada perasaan tertekan atau bosan, serta secara sadar tahu persis manfaat atau aplikasi ilmu kimia dalam kehidupan mereka sehari-hari. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pendekatan SETS -CET terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA di SMA Pondok Modern Selamat Kendal pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Pondok Modern Selamat Kendal yang terbagi dalam dua kelas. Oleh karena itu pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh, dimana seluruh anggota populasi diambil sebagai sampel. Sehingga penelitian ini merupakan penelitian populasi. Kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen yang diberi pembelajaran dengan pendekatan SETS-CET, dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol diberi pembelajaran konvensional bervisi SETS. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penerapan pendekatan SETS-CET, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar kimia materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, tes, observasi dan angket. Metode analisis data terdiri atas analisis tahap awal dan analisis tahap akhir. Analisis tahap awal meliputi uji normalitas, uji kesamaan dua varians, uji perbedaan dua rata-rata. Sedangkan analisis tahap akhir meliputi uji normalitas, uji kesamaan dua varians, uji perbedaan dua rata-rata, analisis pengaruh antar variabel, penentuan koefisien determinasi, dan analisis hasil observasi dan angket. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kognitif, afektif dan psikomototik siswa kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol, yaitu sebesar 78,46; 86,92; dan 87. Sedangkan kelas kontrol sebesar 69,33; 77,20; dan 78,68. Simpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan penerapan pendekatan SETS-CET berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA di SMA Pondok Modern Selamat Kendal pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan dengan besarnya pengaruh 36%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengaruh, pendekatan SETS-CET, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Alvian Unnes
Date Deposited: 15 Nov 2011 12:16
Last Modified: 15 Nov 2011 12:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/8087

Actions (login required)

View Item View Item