(ABSTRAK)Pembelajaran Apresiasi Musik di SMA Negeri Kota Pekalongan
Ardiyan Nova Swastika, 2503406500 (2010) (ABSTRAK)Pembelajaran Apresiasi Musik di SMA Negeri Kota Pekalongan. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (ABSTRAK)
- Published Version
Download (112kB) | Preview |
Abstract
Pada Sekolah Menengah Atas (SMA) Seni Musik merupakan salah satu bagian dari mata pelajaran Seni Budaya. Salah satu pokok bahasan yang ada dalam mata pelajaran Seni Musik adalah apresiasi musik. Di kota Pekalongan terdapat 4 (empat) SMA Negeri dan pelajaran Seni Budaya diajarkan di setiap sekolah tersebut, namun terdapat satu sekolah untuk mata pelajaran seni musik tidak diajarkan karena tidak mempunyai guru seni musik yaitu SMA Negeri 1 Pekalongan. Hanya 3 (tiga) SMA Negeri yang terdapat guru seni musik dan mata pelajaran seni musik yang diajarkan, yaitu SMA Negeri 2, 3, dan 4. Dari beberapa SMA Negeri yang ada di kota Pekalongan penulis ingin mengetahui dan mendeskripsikan proses pembelajaran apresiasi musik serta kendala yang dihadapi guru dalam pembelajaran apresiasi musik. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran Apresiasi Musik di SMA Negeri Kota Pekalongan dan bagaimanakah kendala guru dalam pelaksanaan pembelajaran apresiasi musik di SMA Negeri Kota Pekalongan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan mendeskripsikan Pembelajaran Apresiasi Musik di SMA Negeri kota Pekalongan dan mengetahui dan mendeskripsikan kendala yang dialami guru dalam pembelajaran apresiasi musik di SMA Negeri kota Pekalongan. Manfaat dari penelitian ini adalah siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) dapat meningkatkan kemampuan berapresiasi, guru Seni Budaya Sekolah Menengah Atas (SMA) menggunakan metode pembelajaran yang sesuai dan baik, mahasiswa jurusan Sendratasik calon guru, untuk masukan dalam menggunakan metode yang tepat dan menarik dalam pembelajaran apresiasi musik pada siswa Sekolah Menengah Atas (SMA), memberikan informasi kepada guru Seni Budaya SMA mengenai pengembangan keilmuan, teori-teori pembelajran apresiasi musik, strategi pembelajaran apresiasi musik. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian di SMA Negeri 2, SMA Negeri 3, dan SMA Negeri 4 Pekalongan.. Dengan sasaran penelitian tentang Pembelajaran Apresiasi Musik di SMA Negeri Kota Pekalongan. Tahapan apresiasi yang dilaksanakan meliputi proses mendengarkan, memahami, menghayati, menilai dan menghargai. Teknik pengumpulan data meliputi teknik dokumentasi, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif mencakup reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyatakan bahwa Pembelajaran Apresiasi Musik di SMA Negeri Kota Pekalongan. Dilihat melalui proses tahap pembelajaran, kemudian siswa mendengarkan, memahami, menghayati, menilai dan menghargai. Hal ini dibuktikan iii dengan adanya respon, reaksi dan antusias siswa dalam mengikuti proses pembelajaran apresiasi musik, mulai dari gambaran umum, proses pembelajaran apresiasi dan kendala yang dialami guru antara lain dari aspek materi pembelajaran, aspek guru, aspek siswa, aspek media pembelajaran dan aspek evaluasi. Berpijak dari hasil penelitian disarankan kepada sekolah penyediaan buku-buku musik dan penggunaan media pembelajaran serta dilengkapinya sarana dan prasarana untuk pelajaran seni musik di sekolah.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Apresiasi Musik |
Subjects: | M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik) |
Depositing User: | Alvian Unnes |
Date Deposited: | 15 Nov 2011 11:01 |
Last Modified: | 15 Nov 2011 11:01 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/8081 |
Actions (login required)
View Item |