Efektivitas Pendekatan JAS Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 1 Tulakan Pacitan pada Materi Kepadatan Populasi Manusia
Etika Brilian Yustisia , 4401405533 (2011) Efektivitas Pendekatan JAS Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 1 Tulakan Pacitan pada Materi Kepadatan Populasi Manusia. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Efektivitas Pendekatan JAS Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 1 Tulakan Pacitan pada Materi Kepadatan Populasi Manusia)
- Published Version
Download (74MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran IPA ditekankan untuk memperoleh pengalaman secara langsung dan berhubungan dengan dunia nyata. Pendekatan JAS menekankan pada kegiatan belajar yang dikaitkan dengan lingkungan alam sekitar kehidupan siswa dan dunia nyata, sehingga selain dapat membuka wawasan berpikir yang beragam, siswa juga dapat mempelajari berbagai macam konsep dan cara mengaitkannya dengan masalah-masalah kehidupan nyata siswa. Berdasarkan observasi di SMP Negeri 1 Tulakan Pacitan menunjukkan bahwa siswa kurang dilibatkan secara aktif selama proses pembelajaran sehingga aktivitas dan hasil belajar kurang optimal. Diharapkan melalui pendekatan JAS dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk menguji pengaruh penerapan pendekatan JAS terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran materi kepadatan populasi manusia, serta untuk menguji bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa yang diajar dengan pendekatan JAS lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan pendekatan ekspositori. Penelitian dilakukan secara eksperimental dengan rancangan Post Test Only Control Design, semester genap tahun ajaran 2010/2011. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Satu kelas sebagai kelas eksperimen dan satu kelas sebagai kelas kontrol. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pendekatan JAS dan pendekatan ekspositori. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah aktivitas dan hasil belajar siswa. Metode pengumpulan data melalui dokumentasi, tes dan observasi. Data dianalisis dengan teknik deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan balajar kelas eksperimen (dengan pendekatan JAS) adalah 89% dan aktivitas siswanya 41 ”aktif”, sedangkan ketuntasan belajar kelas kontrol (dengan pendekatan ekspositori) adalah 55% dan aktivitas siswanya 34,185 ”cukup aktif”. Simpulan penelitian ini adalah aktivitas dan hasil belajar siswa yang menggunakan pendekatan JAS lebih tinggi daripada siswa yang menggunakan pendekatan ekspositori. Saran dalam penelitian adalah pendekatan JAS perlu dipertimbangkan untuk diterapkan pada materi yang memiliki spesifikasi relatif sama dengan materi kepadatan populasi manusia.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendekatan JAS, aktivitas siswa, hasil belajar, kepadatan populasi manusia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1 |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 15 Nov 2011 08:19 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 06:58 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/8075 |
Actions (login required)
View Item |