Pengaruh Penerapan PAIKEM dengan Media POSE Game Terhadap Hasil Belajar Kimia Materi Pokok Larutan Penyangga dan Hidrolisis Garam Di SMA N 1 Brebes


Fajar Wibisono , 430140028 (2011) Pengaruh Penerapan PAIKEM dengan Media POSE Game Terhadap Hasil Belajar Kimia Materi Pokok Larutan Penyangga dan Hidrolisis Garam Di SMA N 1 Brebes. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Penerapan PAIKEM dengan Media POSE Game Terhadap Hasil Belajar Kimia Materi Pokok Larutan Penyangga dan Hidrolisis Garam Di SMA N 1 Brebes]
Preview
PDF (Pengaruh Penerapan PAIKEM dengan Media POSE Game Terhadap Hasil Belajar Kimia Materi Pokok Larutan Penyangga dan Hidrolisis Garam Di SMA N 1 Brebes) - Published Version
Download (13MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi siswa sehingga dapat berpartisipasi aktif serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas dan kemandirian yang sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis siswa. Akan tetapi pembelajaran yang sering dijumpai tidak sesuai dengan tujuan pembelajaran. Keberadaan media permainan kimia sebagai alat bantu merupakan aspek pendukung dalam tercapainya tujuan pembelajaran. Dari permasalah tersebut perlu adanya penerapan PAIKEM dengan media POSE Game. Pemilihan media POSE Game diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar dan pemahaman siswa menjadi lebih baik.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan PAIKEM dengan media POSE Game terhadap hasil belajar kimia materi pokok larutan penyangga dan hidrolisis garam serta mengetahui besarnya kontribusi pengaruhnya. Intrumen dalam penelitian ini: soal post test, lembar penilaian afektif, psikomotorik, aktivitas dan kreativitas. Dengan desain penelitian pre test post test control group design. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas XI IA SMA N 1 Brebes tahun ajaran 2010/2011. Setelah uji homogenitas, populasi bersifat homogen dan pengambilan sampel secara cluster random sampling. Sampel terdiri dari dua kelas, kelas XI IA 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IA 1 sebagai kontrol. Metode pengambilan data terdiri dari: dokumentasi, tes, observasi serta angket. Analisis data penelitian secara garis besar dibedakan menjadi tiga yaitu: analisis instrument, analisis data populasi (awal) dan analisis data akhir (hasil belajar). Dari analisis data post test diperoleh thitung (3,81) > ttabel (1,991), maka hasil belajar kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Sedangkan ada tidaknya pengaruh dianalisis dengan koefisien biserial diperoleh sebesar 0,53 dengan kriteria sedang. Rata-rata afektif kelas eksperimen dan kontrol sebesar 83,74 dan 77,68, rata-rata psikomotorik 81,43 dan 71,46, rata-rata aktivitas sebesar 74,74 dan 71,88, sedangkan rata-rata kreativitas 76,56 dan 68,89. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan PAIKEM dengan media POSE Game terhadap hasil belajar kimia dengan kontribusi sebesar 28,09%. Dari penilaian afektif, psikomotorik, aktivitas dan kretaivitas kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Saran yang disampaikan guru dapat menerapkan PAIKEM dengan media POSE Game sebagai salah satu alternatif pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, PAIKEM, POSE game
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 15 Nov 2011 08:15
Last Modified: 25 Apr 2015 06:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/8074

Actions (login required)

View Item View Item