Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbantuan Macromedia Flash untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi di SMK Bhakti Nusantara Mranggen


Kholifatunikmah , 7101406624 (2011) Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbantuan Macromedia Flash untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi di SMK Bhakti Nusantara Mranggen. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbantuan Macromedia Flash untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi di SMK Bhakti Nusantara Mranggen]
Preview
PDF (Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbantuan Macromedia Flash untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi di SMK Bhakti Nusantara Mranggen) - Published Version
Download (16MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal di SMK Bhakti Nusantara Mranggen, diperoleh data bahwa nilai ulangan harian kelas X tahun ajaran 2008/2009 dengan nilai KKM yaitu 65 dan nilai ulangan harian kelas X tahun ajaran 2009/2010 dengan nilai KKM yaitu 70 rata-rata siswa belum tuntas dalam belajarnya. Hasil belajar merupakan hal yang sangat penting dalam proses belajar mengajar. Salah satu komponen yang mempunyai peranan penting dalam proses belajar mengajar adalah media pembelajaran. Permasalahan dari penelitian ini adalah (1) Apakah ada perbedaan hasil belajar akuntansi peserta didik melalui proses pembelajaran berbantuan macromedia flash dengan menggunakan metode konvensional? (2) Apakah penggunaan media pembelajaran berbantuan Macromedia Flash efektif untuk meningkatkan hasil belajar akuntansi di SMK Bhakti Nusantara Mranggen. Jenis penelitian ini menggunakan Quasi Eksperimen Design pada siswa kelas X Akuntansi SMK Bhakti Nusantara Mranggen. Siswa kelas X akuntansi 1 sebagai kelompok eksperimen sedangkan siswa kelas Xakuntansi 2 sebagai kelompok kontrol. Prosedur penelitian ini meliputi persiapan, penyusunan instrumen, uji coba instrumen, dan pelaksanaan penelitian. Sedangkan Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan Program SPSS 16. Berdasarkan hasil uji independent sample t-test diperoleh nilai t pada equal variances not assumed untuk hasil belajar siswa sebelum pembelajaran dan setelah pembelajaran berturut-turut adalah -2,397 dan 2,203 dengan sig. 2 tailed 0,021 dan 0,033. Karena nilai sig. 2 tailed<0,05 maka ada perbedaan hasil belajar akuntansi. Sedangkan hasil uji paired sample t-test nilai hasil belajar akuntansi dilihat dari nilai sig.2 tailed sebelum pembelajaran dan setelah pembelajaran berturut-turut adalah 0,032 dan 0,041. Karena nilai sig.2 tailed < 0,05 maka ada kesamaan efektivitas proses pembelajaran berbantuan macromedia flash dan metode konvensional.Rata-rata tanggapan siswa terhadap pemanfaatan media pembelajaran berbasis Macromedia Flash pada materi akuntansi perusahaan dagang diperoleh dari angket yang telah diberikan kepada siswa sebesar 76,24%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada perbedaan hasil belajar dan efektivitas pembelajaran berbantuan Macromedia Flash dan metode konvensional siswa kelas X SMK Bhakti Nusantara Mranggen. Saran yang diberikan dalam penelitian ini adalah guru akuntansi dapat menggunakan media pembelajaran berbantuan macromedia flash sebagai alternatif dalam memilih strategi pembelajaran akuntansi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Berbantuan Macromedia Flash dan Hasil Belajar.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 15 Nov 2011 08:11
Last Modified: 25 Apr 2015 06:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/8072

Actions (login required)

View Item View Item