MODEL PEMBELAJARAN KURSUS KOMPUTER di LEMBAGA KURSUS ADIAS SINDO CERDAS (ASC) (Studi Kasus Salah Satu Lembaga Kursus Komputer di Jalan Sindoro No. 39 Kabupaten Pemalang)


Hilyar Nurhandoko , 1201403008 (2009) MODEL PEMBELAJARAN KURSUS KOMPUTER di LEMBAGA KURSUS ADIAS SINDO CERDAS (ASC) (Studi Kasus Salah Satu Lembaga Kursus Komputer di Jalan Sindoro No. 39 Kabupaten Pemalang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MODEL PEMBELAJARAN KURSUS KOMPUTER di LEMBAGA KURSUS ADIAS SINDO CERDAS (ASC) (Studi Kasus Salah Satu Lembaga Kursus Komputer di Jalan Sindoro No. 39 Kabupaten Pemalang)]
Preview
PDF (MODEL PEMBELAJARAN KURSUS KOMPUTER di LEMBAGA KURSUS ADIAS SINDO CERDAS (ASC) (Studi Kasus Salah Satu Lembaga Kursus Komputer di Jalan Sindoro No. 39 Kabupaten Pemalang)) - Published Version
Download (555kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana model pembelajaran pada kursus komputer di lembaga tersebut, dan apa faktor pendorong dan faktor penghambat model pemebelajarannya. Permasalahan penelitian ini secara rinci terdiri dari tujuan, bahan belajar, proses kegiatan, metode, media, subjek pembelajaran, dan evaluasi Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan subyek penelitian ini adalah pengelola kursus komputer yang berjumlah satu orang, dua orang tutor kursus komputer dan tiga warga belajar yang mengikuti kegiatan kursus komputer. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk membuktikan keabsahan data digunakan tehnik triangulasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan langkah-langkah identifikasi kasus, seleksi kasus, fieldwalk, dan pelaporan data dianalisis dengan teknik interakftif, dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian model pembelajaran kursus komputer di Adias Sindo Cerdas (ASC), meliputi : a) tujuan pembelajaran yaitu memberikan ketrampilan dalam mengoperasikan komputer agar bisa dijadikal bekal usaha mencari pekerjaan atau menjadi wiraswasta dengan jalan membuka rental-rental komputer, b) bahan belajar menggunakan buku panduan, modul, serta modifikasi kurikulum nasional dan kurikulum lokal, c) proses kegiatannya 65 % praktek dan 35 % teori d) metode yang digunakan metode ceramah, tanya jawab, penugasan dan praktek, e) media yang digunakan adalah LCD, OHP dan sistem jaringan, sedangkan alat yang digunakan praktek oleh warga belajar adalah komputer, f) subjek pembelajaran kursus komputer ini yaitu warga belajar dari kabupaten Pemalang lulusan SMA yang belum memiliki keterampilan khususnya dalam mengoperasikan komputer, g) evaluasi yang dilakukan yaitu ketika tahap evaluasi teori, praktek, dan evaluasi akhir yaitu mengikuti Ujian Nasional yang wajib diikuti oleh semua warga belajar. Faktor pendorong model pembelajaran antara lain lingkungan kursus yang strategis, animo masyarakat sekitar sangat mendukung kegiatan ini, media pembelajaran telah diperbaiki. Sedangkan faktor penghambat terdiri dari media pembelajaran tidak dibebaskan bagi warga belajar, perbedaan latar belakang, dan terbatasnya ruang kelas. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, diberikan saran : 1) Pengelola hendaknya melakukan kerjasama dengan cara menawarkan tenaga kerja yang berasal dari lulusan kursus yang dikelolanya. 2) Demi kelancaran proses pembelajaran, hendaknya lembaga kursus menambah fasilitas ruang kelas untuk mengatasi ketidakseimbangan jumlah warga belajar dan jumlah ruang kelas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 01 Apr 2011 07:13
Last Modified: 25 Apr 2015 04:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/807

Actions (login required)

View Item View Item