(ABSTRAK)Kemampuan Mahasiswa Semester V Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis dalam Menguasai Expression de L’opinion.


Endang Wahyuni , 2301406018 (2010) (ABSTRAK)Kemampuan Mahasiswa Semester V Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis dalam Menguasai Expression de L’opinion. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
PDF (ABSTRAK) - Published Version
Download (136kB) | Preview

Abstract

Bahasa Prancis mempunyai beragam ungkapan (expression) yang digunakan dalam percakapan sehari-hari, di antaranya ungkapan pendapat (expression de l’opinion). L’expression de l’opinion digunakan untuk mengungkapkan pendapat, pikiran, keraguan, atau menyatakan ketidaksepakatan pendapat dengan orang lain. Materi tentang expression de l’opinion telah diajarkan pada mahasiswa semester II, III dan semester IV program studi Pendidikan Bahasa Prancis. Penggunaan kata kerja-kata kerja dan ekspresi-ekspresi untuk menyatakan expression de l’opinion dalam kalimat dapat diikuti dengan modus subjonctif atau indicatif. Kekeliruan dalam penggunaan expression tersebut dapat menyebabkan kesalahpahaman atau ketidakjelasan pesan yang disampaikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguasaan mahasiswa mengenai expression de l’opinion, pemahaman dan kemampuan mahasiswa dalam menerapkan anak kalimat dengan struktur yang benar sesudah induk kalimat yang menyatakan expression de l’opinion. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan kajian analisis kritis. Variabel dalam penelitian ini adalah kemampuan mahasiswa semester V program studi Pendidikan Bahasa Prancis dalam menguasai l’expression de l’opinion. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester V program studi Pendidikan Bahasa Prancis sebanyak 36 orang. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi dan metode tes. Tes diujikan pada 30 mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Prancis semester V. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan dilanjutkan dengan analisis kritis. Analisis deskriptif dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif persentase, yaitu mempersentasekan hasil tes kemampuan mahasiswa dalam menguasai expression de l’opinion, sedangkan analisis kritis dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kesalahan yang dilakukan siswa dalam menguasai expression de l’opinion. Kemampuan mahasiswa dalam menerjemahkan expression de l’opinion termasuk dalam kategori “Baik”, sedangkan dalam menerapkan anak kalimat dengan struktur yang sesudah induk kalimat yang menyatakan expression de l’opinion termasuk dalam kategori “Cukup”. Kesalahan jawaban responden disebabkan karena responden mengartikan expression de l’opinion kata per kata dan kurang mengetahui struktur mana yang tepat untuk digunakan setelah penggunaan ekspresi tersebut.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kemampuan, expression de l’opinion
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: Alvian Unnes
Date Deposited: 15 Nov 2011 07:25
Last Modified: 15 Nov 2011 07:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/8067

Actions (login required)

View Item View Item