PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMSACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA MATA PELAJARAN PENGETAHUAN DASAR OTOMOTIF KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK SYAFI’I AKROM PEKALONGAN


Rison Ardiningcahyo, 5201407007 (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMSACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA MATA PELAJARAN PENGETAHUAN DASAR OTOMOTIF KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK SYAFI’I AKROM PEKALONGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMSACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA MATA PELAJARAN PENGETAHUAN DASAR OTOMOTIF KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK SYAFI’I AKROM PEKALONGAN]
Preview
PDF (PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMSACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA MATA PELAJARAN PENGETAHUAN DASAR OTOMOTIF KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK SYAFI’I AKROM PEKALONGAN) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMSACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA MATA PELAJARAN PENGETAHUAN DASAR OTOMOTIF KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK SYAFI’I AKROM PEKALONGAN Rison Ardiningcahyo Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan di SMK Syafi’i Akrom, nilai capaian yang diperoleh siswa kelas TKR masih kurang maksimal. Banyak siswa yang belum dapat mencapai KKM yang ditentukan. Peneliti berharap dengan penggunan model pembelajaran kooperatif tipe STAD tersebut dapat bermanfaat untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di kelas tersebut. Permasalahan dalam penelitian ini adalah seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini menerapkan metode STAD. Terdiri dari lima komponen utama yaitu presentasi kelas, tim, kuis, skor kemajuan individual dan rekognisi tim. Metode penelitiannya menggunakan metode eksperimen semu. Desain Penelitian yang digunakan adalah eksperimen jenis control group pre test-post test. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Syafi’i Akrom. hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil post test pada kelas eksperimen dengan metode STAD dapat mencapai nilai rata-rata kelas yang lebih tinggi daripada hasil post test pada kelas kontrol dengan metode ekspositori. Simpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran pengetahuan dasar otomotif dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci : Hasil belajar, Kooperatif, STAD

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Kooperatif, STAD
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: Users 3264 not found.
Date Deposited: 16 Nov 2011 00:18
Last Modified: 25 Apr 2015 06:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/8066

Actions (login required)

View Item View Item