Peningkatan Keterampilan Membaca Aksara Jawa melalui Model Pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together siswa kelas IV SDN 03 Sengon Kabupaten Batang.


Indri Mardiningrum , 1401909049 (2011) Peningkatan Keterampilan Membaca Aksara Jawa melalui Model Pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together siswa kelas IV SDN 03 Sengon Kabupaten Batang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Membaca Aksara Jawa melalui Model Pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together siswa kelas IV SDN 03 Sengon Kabupaten. Batang.]
Preview
PDF (Peningkatan Keterampilan Membaca Aksara Jawa melalui Model Pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together siswa kelas IV SDN 03 Sengon Kabupaten. Batang.) - Submitted Version
Download (6MB) | Preview

Abstract

Masalah pokok dalam penelitian adalah rendahnya keterampilan siswa dalam membaca aksara Jawa. Siswa kelas IV SDN 03 Sengon belum lancar dalam membaca aksara Jawa. Pembelajaran hanya berpusat pada guru dan guru cenderung kurang kreatif. Selain itu media yang digunakan kurang menarik perhatian siswa, sehingga siswa kurang antusias mengikuti pembelajaran membaca aksara Jawa. Sebagai pemecahannya, yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Supaya aktivitas guru, aktivitas siswa, dan keterampilan siswa dalam membaca aksara Jawa dapat meningkat. Hal ini didukung data dari nilai hasil belajar siswa kelas IV semester I Tahun pelajaran 2010/2011 yang masih dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal yang telah ditetapkan sekolah yaitu ≤ 65. Data hasil belajar siswa menunjukkan nilai terendah 40, nilai tertinggi 70, dan rata-rata kelas 58,17. Sebanyak 62% atau 21 dari 34 siswa mendapat nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal. Rumusan masalah penelitian ini apakah melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan keterampilan membaca aksara Jawa pada siswa kelas IV SDN 03 Sengon ,Kabupaten Batang. Tujuan penelitian untuk meningkatan aktivitas guru, aktivitas siswa dan keterampilan membaca aksara Jawa pada siswa kelas IV SDN 03 Sengon, Kabupaten Batang. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 03 Sengon dengan jumlah siswa 34, terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Variabel yang diselidiki penelitian ini yaitu aktivitas guru, aktivitas siswa dan keterampilan membaca aksara Jawa pada siswa dalam pembelajaran bahasa Jawa. Penelitian ini berlangsung 2 siklus dengan alat pengumpul data berupa soal tes, lembar observasi dan foto selama proses pembelajaran. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif komparatif yaitu membandingkan hasil penelitian antara siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan aktivitas guru dari rata-rata 2,8 dengan persentase 70% termasuk kriteria baik (siklus I), rata-rata 3,5 dengan persentase 87,5% termasuk kriteria sangat baik (siklus II). Peningkatan aktivitas siswa dari rata-rata 3,11 dengan persentase 70% termasuk kriteria baik (siklus I), rata-rata 3,80 dengan persentase 85% termasuk kriteria sangat baik (siklus II). Peningkatan hasil belajar dari tes awal keterampilan membaca aksara Jawa siswa rata-rata 67,35 dengan persentase ketuntasan klasikal mencapai 50%, rata-rata 75 dengan persentase ketuntasan klasikal 66,29% (siklus I), rata-rata 83,5 dengan persentase ketuntasan klasikal 85% (siklus II). Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dalam pembelajaran membaca aksara Jawa dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan keterampilan siswa dalam membaca aksara Jawa. Disarankan agar guru dapat memilih dan menerapkan model serta media pembelajaran yang sesuai dengan materi pelajaran, salah satunya adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Sehingga keaktifan dan keantusiasan siswa dalam kegiatan belajar mengajar dapat tercapai dan suasana pembelajaran menjadi lebih menyenangkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Membaca, Aksara Jawa, Model Pembelajaran Kooperatif tipe NHT
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: eko handoyo perpustakaan
Date Deposited: 15 Nov 2011 03:43
Last Modified: 25 Apr 2015 06:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/8051

Actions (login required)

View Item View Item