Peningkatan Keterampilan Membaca Ekstensif Artikel Menggunakan Metode Preview, Read, Review dengan Teknik Skipping Siswa Kelas IX D SMP Negeri 1 Sempor Tahun Ajaran 2011/2012.


Rizqia Fitriani , 2101407043 (2011) Peningkatan Keterampilan Membaca Ekstensif Artikel Menggunakan Metode Preview, Read, Review dengan Teknik Skipping Siswa Kelas IX D SMP Negeri 1 Sempor Tahun Ajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Membaca Ekstensif Artikel Menggunakan Metode Preview, Read, Review dengan Teknik Skipping Siswa Kelas IX D SMP Negeri 1 Sempor Tahun Ajaran 2011/2012.]
Preview
PDF (Peningkatan Keterampilan Membaca Ekstensif Artikel Menggunakan Metode Preview, Read, Review dengan Teknik Skipping Siswa Kelas IX D SMP Negeri 1 Sempor Tahun Ajaran 2011/2012.) - Submitted Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Keterampilan membaca merupakan keterampilan pokok dalam berbahasa. Dengan membaca, seseorang akan mampu menemukan informasi dan ilmu pengetahuan. Salah satu keterampilan membaca adalah membaca ekstensif artikel. Berdasarkan hasil observasi awal diketahui keterampilan membaca ekstensif artikel siswa kelas IX D SMP Negeri 1 Sempor masih rendah. Salah satu cara untuk meningkatkan keterampilan membaca ekstensif artikel yaitu menggunakan metode Preview, Read, Review dengan teknik skipping. Berdasarkan penjelasan tersebut, penelitian ini mengaji masalah, yaitu bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran membaca ekstensif artikel, bagaimana peningkatan keterampilan membaca ekstensif artikel, dan bagaimana perubahan perilaku saat pembelajaran membaca ekstensif artikel menggunakan metode Preview, Read, Review dengan teknik skipping siswa kelas IX D SMP Negeri 1 Sempor. Berkaitan dengan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsi proses berlangsungnya pembelajaran membaca ekstensif artikel, mendeskripsi besarnya peningkatan keterampilan membaca ekstensif artikel, dan mendeskripsi perubahan perilaku saat pembelajaran membaca ekstensif artikel menggunakan metode Preview, Read, Review dengan teknik skipping siswa kelas IX D SMP Negeri 1 Sempor. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas yang meliputi dua siklus. Tiap-tiap siklus dilakukan secara berdaur yang terdiri atsa empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian diambil melalui instrumen tes dan nontes. Instrumen tes berupa penilaian keterampilan membaca eksensif artikel menggunakan metode Preview, Read, Review dengan teknik skipping, sedangkan instrumen nontes berupa pedoman observasi, jurnal, wawancara, dan dokumentasi foto. Selanjutnya, data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Pembelajaran keterampilan membaca ekstensif artikel menggunakan metode Preview, Read, Review dengan teknik skipping siswa kelas IX D SMP Negeri 1 Sempor sudah berjalan maksimal dan sesuai rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Dari analisis data penelitian, dapat diketahui peningkatan keterampilan membaca ekstensif artikel menggunakan metode Preview, Read, Review dengan teknik skipping yaitu sebesar 15%. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata siklus I yaitu 67,26 dan nilai rata-rata siklus II yaitu 77,58. Artinya nilai rata-rata keterampilan membaca ekstensif artikel menggunakan metode Preview, Read, Review dengan teknik skipping semakin baik. Adapun perubahan perilaku yang ditunjukkan siswa , yaitu siswa semakin bersemangat, aktif, serius, dan tertarik terhadap pembelajaran membaca ekstensif artikel menggunakan metode Preview, Read, Review dengan teknik skipping. Selanjutnya, dari hasil penelitian tersebut, saran yang dapat direkomendasikan antara lain guru hendaknya menggunakan metode dan teknik pembelajaran yang bervariasi dalam pembelajaran membaca, siswa hendaknya menggunakan metode dan teknik dalam membaca agar proses membaca menjadi efektif, dan para peneliti atau praktisi di bidang pendidikan bahasa dapat melakukan penelitian serupa dengan metode dan teknik pembelajaran yang berbeda sehingga didapatkan berbagai alternatif metode pembelajaran keterampilan membaca.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan membaca ekstensif artikel, metode Preview, Read, Review, teknik Skipping
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: eko handoyo perpustakaan
Date Deposited: 15 Nov 2011 02:56
Last Modified: 25 Apr 2015 06:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/8050

Actions (login required)

View Item View Item