Persepsi Siswa Mengenai Kegunaan dan Kemudahan Penggunaan Media Account Board, serta Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar Jurnal Penyesuaian Pada SMA Negeri 1 Kramat


Santika Fitria Tsani, 7101407061 (2011) Persepsi Siswa Mengenai Kegunaan dan Kemudahan Penggunaan Media Account Board, serta Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar Jurnal Penyesuaian Pada SMA Negeri 1 Kramat. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Persepsi Siswa Mengenai Kegunaan dan Kemudahan Penggunaan Media Account Board, serta Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar Jurnal Penyesuaian Pada SMA Negeri 1 Kramat]
Preview
PDF (Persepsi Siswa Mengenai Kegunaan dan Kemudahan Penggunaan Media Account Board, serta Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar Jurnal Penyesuaian Pada SMA Negeri 1 Kramat) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Tsani, Santika Fitria. 2011. “Persepsi Siswa Mengenai Kegunaan dan Kemudahan Penggunaan Media Account Board, serta Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar Jurnal Penyesuaian Pada SMA Negeri 1 Kramat”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I. Amir Mahmud, S. Pd., M. Si. Pembimbing II. Drs. Asrori, M. S. Kata kunci: Kegunaan dan Kemudahan Penggunaan Media Account Board, Hasil Belajar. Pembahasan tentang hasil belajar tidak pernah ada ujungnya. Siswa yang belajar materi baru tentu mengalami kesulitan belajar pada awalnya. Apabila kesulitan belajar dapat diatasi, maka siswa dapat mencapai keberhasilan dalam belajar. Hasil survey awal menunjukkan nilai ulangan harian jurnal penyesuaian perusahaan jasa paling rendah jika dibandingkan nilai ulangan harian materi lain mata pelajaran ekonomi. Permasalahan dalam penelitian ini adalah setiap kelas hanya 12,5% siswa yang mencapai KKM. Tujuan diadakannya penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa mengenai kegunaan dan kemudahan penggunaan media Account Board terhadap hasil belajar jurnal penyesuaian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kramat tahun ajaran 2010/2011. Sampel penelitian adalah 135 siswa, diambil dengan menggunakan teknik proportional cluster random sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah persepsi siswa mengenai kegunaan dan kemudahan penggunaan media Account Board, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar jurnal penyesuaian dengan menggunakan media Account Board. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan kuesioner. Analisis data menggunakan uji t (uji parsial) dan uji F (uji simultan). Hasil uji t menunjukkan bahwa ada pengaruh persepsi siswa mengenai kegunaan dan kemudahan penggunaan media Account Board terhadap hasil belajar jurnal penyesuaian pada SMA Negeri 1 Kramat secara parsial. Hasil uji F menunjukkan bahwa ada pengaruh persepsi siswa mengenai kegunaan dan kemudahan penggunaan media Account Board terhadap hasil belajar jurnal penyesuaian pada SMA Negeri 1 Kramat secara simultan. Simpulan penelitian ini adalah bahwa persepsi siswa mengenai kegunaan dan kemudahan penggunaan media Account Board berpengaruh terhadap hasil belajar jurnal penyesuaian pada SMA Negeri 1 Kramat, baik secara parsial maupun simultan. Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian yaitu: Guru yang akan menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi sebaiknya memperhatikan kegunaan dan kemudahan penggunaan media bagi siswa. Peneliti sebaiknya mengawasi pengisian kuesioner agar siswa tidak bekerja sama dalam mengisi kuesioner. Penelitian lanjutan terhadap penggunaan media Account Board dapat menambahkan variabel minat dan sikap terhadap media Account Board.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kegunaan dan Kemudahan Penggunaan Media Account Board, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Users 3264 not found.
Date Deposited: 15 Nov 2011 01:30
Last Modified: 25 Apr 2015 06:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/8039

Actions (login required)

View Item View Item