PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARYA TULIS ILMIAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 UNGARAN


Pasmiati, 2101407081 (2011) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARYA TULIS ILMIAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 UNGARAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARYA TULIS ILMIAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 UNGARAN]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARYA TULIS ILMIAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 UNGARAN) - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Pasmiati. 2011. Peningkatan Keterampilan Menulis KaryaTulis Ilmiah Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Lembar Kerja Siswa pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Ungaran.Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Dra. Nas Haryati S., M.Pd, Pembimbing II: Drs. Hari Bakti M., M.Hum. Kata kunci: karya tulis ilmiah,model pembelajaran berbasis masalah, lembar kerja siswa. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan ditemukan bahwa keterampilan menulis karya tulis ilmiah siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri I Ungaran masih rendah. Hal ini terbukti dari nilai rata-rata yang diperoleh siswa dalam menulis karya tulis ilmiah hanya 68,96. Nilai tersebut belum memenuhi standar ketuntasan minimal untuk kompetensi dasar tersebut yaitu 80.Dengan demikian kelas XI IPA 2 masih belum mencapai nilai batas minimum yang ditentukan. Penyebab rendahnya keterampilan menulis karya tulis ilmiah siswa kelas XI IPA 2 yaitu (1)rendahnya motivasi siswa dalam pembelajaran menulis karya tulis ilmiah, (2) kesulitan dalam menemukan masalah yang layak untuk diteliti, (3)kesulitan dalam mengembangkan paragraf,(4) hambatan yang berhubungan dengan teknis dalam tulis-menulis, yaitu kurangnya penguasaan Ejaan yang Disempurnakan, meliputi penggunaan tanda baca, ejaan, kata baku tidak baku, dan sistematika penulisan karya tulis ilmiah yang baik dan benar. Keadaan yang demikian membuat peneliti tertarik untuk mencari solusi dari permasalahan tersebut. Solusi yang ditawarkan peneliti untuk meningkatkan rendahnya nilai rata-rata keterampilan menulis karya tulis ilmiah kelas XI IPA 2 yaitu dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan lembar kerja siswa. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis karya tulis ilmiah siswa kelas XI SMA Negeri I Ungaran setelah menggunakan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan lembar kerja siswa, 2) bagaimanakah perubahan perilaku siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri I Ungaran selama mengikuti pembelajaran menulis karya tulis ilmiah dengan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan lembar kerja siswa. Penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan dua siklus.Setiap siklus terdiri atas dua pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas XIIPA 2 SMA Negeri 1 Ungaran. Variabel dalam penelitian adalah keterampilan menulis karya tulis ilmiah dan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan lembar kerja siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan instrumen nontes dalam bentuk observasi, wawancara, jurnal guru dan siswa, dan dokumentasi foto. ii iii Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah berbantuan lembar kerja siswa bisa digunakan untuk meningkatkan keterampilan menulis karya ilmiah siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Ungaran dan dapat mengubah perilaku negatif menjadi positif. Peningkatan keterampilan menulis karya ilmiah siswa kelas XI IPA 2 terlihat pada prasiklus, siklus I dan siklus II Hasil tes keterampilan menulis karya ilmiah siswa kelas XI IPA 2 pada tahap prasiklus menunjukkan nilai rata-rata sebesar68,96, pada siklus I meningkat menjadi 74,87 dan hasil tersebut meningkat lagi pada siklus II yaitu 83,34.Dari tahap prasiklus ke siklus II telah terjadi peningkatan sebesar 14,38. Peningkatan hasil tes tersebut sejalan dengan perubahan perilaku siswa selama proses pembelajaran menulis karya tulis ilmiah melalui model pembelajaran berbasis masalah berbantuan lembar kerja siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil analisis lembar observasi siklus I dan siklus II yang menunjukkan hasil analisis lembar observasi siklus I memiliki rata-rata sebesar 44,24 % dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 62,21 %. Penelitian ini dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran menulis karya tulis ilmiahdan mengatasi masalah-masalah yang dialami siswa. Setelah penelitian dilaksanakan, peneliti memberikan saran sebagai berikut: (1)Bagi guru bahasa Indonesia, guru dapat menggunakan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan lembar kerja siswa dengan cara memadukan model pembelajaran berbasis masalah dengan media yang lain atau sebaliknya memadukan media lembar kerja siswa dengan model yang lain sesuai dengan kebutuhan,(2)Bagi siswa, sebaiknya aktif mengikuti kegiatan pembelajaran dan selalu berlatih menulis terutama menulis karya tulis ilmiah, dan (3)Bagi peneliti, sebaiknya ada penelitian lanjutan dari penelitian ini untuk mengembangkan model pembelajaran berbasis masalah dan media lembar kerja siswa sehingga dihasilkan media yang lebih sempurna. iii

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: karya tulis ilmiah,model pembelajaran berbasis masalah, lembar kerja siswa.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Sastra
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 3264 not found.
Date Deposited: 15 Nov 2011 01:31
Last Modified: 25 Apr 2015 06:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/8038

Actions (login required)

View Item View Item