Pemanfaatan Kebun Wisata Pendidikan sebagai Sumber Belajar Materi Keanekaragaman Hayati dengan Menerapkan Pembelajaran Bioedutainment di MA Al-Asror
Nur Azijah , 4401407025 (2011) Pemanfaatan Kebun Wisata Pendidikan sebagai Sumber Belajar Materi Keanekaragaman Hayati dengan Menerapkan Pembelajaran Bioedutainment di MA Al-Asror. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Pemanfaatan Kebun Wisata Pendidikan sebagai Sumber Belajar Materi Keanekaragaman Hayati dengan Menerapkan Pembelajaran Bioedutainment di MA Al-Asror)
- Submitted Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Materi keanekaragaman hayati, salah satu kompetensi dasarnya menuntut siswa untuk melakukan kegiatan pengamatan. Namun, pelaksanaan pembelajaran materi keanekaragaman hayati di sekolah-sekolah, khususnya MA Al-Asror Patemon masih berpedoman pada buku. Hal ini mengakibatkan aktivitas dan hasil belajar siswa yang kurang optimal. Kebun Wisata Pendidikan Unnes memiliki berbagai macam tanaman yang dapat dijadikan sebagai objek pengamatan oleh siswa. Bioedutainment adalah strategi pembelajaran yang menghibur dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa dengan memanfaatkan Kebun Wisata Pendidikan Unnes sebagai sumber belajar dengan menerapkan pembelajaran bioedutainment pada materi keanekaragaman hayati. Penelitian ini dilaksanakan di MA Al-Asror Patemon Gunungpati Semarang pada semester genap tahun 2010/2011. Sampel penelitian yaitu siswa kelas X.b dan X.d yang ditentukan secara purposive. Penelitian ini merupakan penelitian Pre-Experimental Design dengan menggunakan desain One-Shot Case Study. Pemanfaatan Kebun Wisata Pendidikan dan penerapan pembelajaran bioedutainment dikatakan optimal apabila keaktifan siswa dalam proses pembelajaran menunjukkan ≥ 75% siswa aktif dan sangat aktif, serta sebanyak ≥ 80% siswa hasil belajarnya mencapai ≥ 70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 97% siswa kelas X.b dan 94% siswa kelas X.d memiliki aktivitas belajar dengan kriteria aktif dan sangat aktif pada pertemuan pertama. Pada pertemuan kedua, 100% siswa kelas X.b dan 97% siswa kelas X.d juga memiliki aktivitas belajar dengan kriteria aktif dan sangat aktif. Hasil belajar siswa yaitu 100% siswa X.b dan 94% siswa X.d telah mendapat nilai ≥ 70. Hasil pengisian angket tanggapan siswa menunjukkan bahwa mayoritas siswa memberikan tanggapan positif terhadap kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan. Hasil pengisian angket tanggapan guru menunjukkan bahwa guru tertarik dengan pembelajaran yang telah dilaksanakan. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan, dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan Kebun Wisata Pendidikan sebagai sumber belajar dan penerapan pembelajaran bioedutainment pada materi keanekaragaman hayati dapat mengoptimalkan aktivitas dan hasil belajar siswa di MA Al-Asror. Kebun Wisata Pendidikan dapat dimanfaatkan dan pembelajaran bioedutainment dapat diterapkan pada materi keanekaragaman hayati di MA Al-Asror.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kebun Wisata Pendidikan, Bioedutainment, Aktivitas dan Hasil Belajar. |
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QK Botany |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1 |
Depositing User: | eko handoyo perpustakaan |
Date Deposited: | 15 Nov 2011 01:12 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 06:57 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/8035 |
Actions (login required)
View Item |