KENDALA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH MELALUI INTERNET PADA MAHASISWA PJJ S1 PGSD UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Septiana Dwi Rahmawati , 1102404037 (2009) KENDALA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH MELALUI INTERNET PADA MAHASISWA PJJ S1 PGSD UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KENDALA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH MELALUI INTERNET PADA MAHASISWA PJJ S1 PGSD UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG]
Preview
PDF (KENDALA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH MELALUI INTERNET PADA MAHASISWA PJJ S1 PGSD UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Dalam Undang-Undang Guru dan Dosen No. 14 Tahun 2005 disyaratkan bagi guru untuk memiliki kualifikasi minimal S1 dan memiliki sertifikat sebagai pengajar. Pada saat ini masih banyak guru yang belum memenuhi kualifikasi yang telah ditentukan. Dalam rangka membantu para guru yang belum memenuhi kualifikasi tersebut, salah satu strategi yang dapat ditempuh adalah dengan pengembangan dan peningkatan kualifikasi guru dalam jabatan (in-service training). Hal tersebut ditempuh oleh Pemerintah Indonesia, Depdiknas melalui pendidikan lanjut bagi guruguru dalam jabatan pada LPTK atau universitas yang menyelenggarakan program S1 PGSD. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran jarak jauh melalui pemanfaatan internet. Mengetahui bagaimana kesiapan pengajar dan mahasiswa dalam mengikuti pembelajaran jarak jauh.Mengetahui kendala apa saja yang dihadapi dalam pelaksanaan pendidikan jarak jauh pada mahasiswa PJJ S1 PGSD FIP UNNES. Lingkup kajian penelitian ini adalah pada Program PJJ S1 PGSD Universitas Negeri Semarang. Pengumpulan data dilakukan pada bulan Juli sampai Agustus 2008. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif, dengan sumber data dokumen, koordinator pelaksana program PJJ, dosen dan mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Dalam melaksanakan penelitian ini penulis menggunakan desain penelitian deskriptif. Desain penelitian ini digunakan untuk mendapatkan data penelitian yang sebenarnya tentang kegiatan pembelajaran yang berlangsung pada program PJJ S1 PGSD FIP UNNES. Hasil penelitian menunjukan bahwa internet sangat membantu dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar selama perkuliahan jarak jauh, mahasiswa dituntut untuk mandiri untuk dapat mencari segala informasi yang berkaitan dengan perkuliahan, ataupun yang lain misalnya mencari contoh kurikulum, artikel-artikel pendidikan. Kesiapan pengajar maupun para mahasiswa dinilai cukup siap karena pada awal perkuliahan mereka dibekali dengan pemahaman tentang ICT dan komputer yang dilaksanakan selama 1 bulan. Perencanaan pembelajaran dibuat dan disepakati oleh pihak pengelola yang sudah bekerjasama dengan 23 LPTK dan Dirjend Dikti. Proses perencanaan pembelajaran terlaksana dengan baik dan tidak menemui kendala. Proses pembelajarannya Hylite, face to face 8 kali pertemuan dengan dosen, kemudian dilanjutkan dengan proses pembelajaran online. Kendala dalam pelaksanaan proses pembelajaran diantaranya: ICT memakai jaringan Jardiknas, tidak sebagus koneksi yang lain, kadang-kadang error, saat Vicon berlangsung Unnes tidak tersambung dengan Dirjen Dikti, kemampuan mahasiswa dalam bidang ICT masih lemah, kesibukan dosen membuat dosen tidak bisa untuk terus menerus duduk di depan internet, sehingga kadang-kadang dosen terlambat membalas inisiasi dari mahasiswa. Evaluasi hasil belajar mahasiswa dilakukan melalui berbagai jenis penilaian, penilaian tersebut meliputi: Tes di Akhir Tutorial Tatap Muka, Tugas dan Partisipasi Tutorial Online, Ujian Akhir Semester (UAS), Praktikum pada masa residensial, Praktik, Ujian Akhir Program (UAP). Dalam pelaksanaannya proses evaluasi tidak menemui kendala. Saran, dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh melalui internet perlu dipertimbangkan mengenai sumber daya manusia terutama bagi para pengajar. Apakah mereka sudah siap dalam melaksanakan pembelajaran berbasis teknologi internet ini dengan baik. Dalam proses pelaksanaannya disediakan layanan online yang ada di ICT jardiknas tingkat kabupaten, tetapi kenyataannya pemanfaatanya belum maksimal. Maka peran Jardiknas dalam mendukung program PJJ S1 PGSD perlu dioptimalkan. ICT memakai Jaringan Jardiknas, tidak sebagus koneksi yang lain, kadang-kadang error. Pihak diknas memperbaiki koneksi internet, sehingga dapat dimanfaatkan secara optimal untuk pembelajaran jarak jauh.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Jarak Jauh, PJJ S1 PGSD
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 01 Apr 2011 07:05
Last Modified: 25 Apr 2015 04:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/803

Actions (login required)

View Item View Item