MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWAKELAS IV SD NEGERI 3 SENDANGHARJO MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN VARIASI ALAT PERAGA TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Sri Palupi, 1402908018 (2011) MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWAKELAS IV SD NEGERI 3 SENDANGHARJO MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN VARIASI ALAT PERAGA TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWAKELAS IV SD NEGERI 3 SENDANGHARJO MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN VARIASI ALAT PERAGA TAHUN PELAJARAN 2010/2011)
- Published Version
Download (5MB) | Preview |
Abstract
Palupi Sri. 2011. Meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 3 Sendangharjo melalui model pembelajaran kooperatif dengan variasi alat peraga tahun pelajaran 2010/2011. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Semarang. Dr. Ali Sunarso, M.Pd. dan Tri Murtini, S.Pd, M.Pd. Kata kunci : Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika, Kooperatif dan alat peraga Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah: (1) Untuk meningkatkan aktivitas guru SD Negeri 3 Sendangharjo kecamatan Karangrayung, kabupaten Grobogan. (2) Untuk meningkatkan aktivitas siswa SD Negeri 3 Sendangharjo kecamatan Karangrayung, kabupaten Grobogan. (3) Untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 3 Sendangharjo kecamatan Karangrayung, kabupaten Grobogan. Penelitian ini dilaksanaan melalui model pembelajaran kooperatif dengan variasi alat peraga. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN 3 Sendangharjo dengan jumlah 22 siswa, terdiri dari 8 siswa laki-laki, 14 siswa perempuan Metode penelitian yang digunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan 2 siklus, setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Alat pengumpul data yang digunakan adalah tes, lembar observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan rata-rata persentase aktivitas guru pada siklus I pertemuan I 52,08% kategori baik, pertemuan II 72,91% kategori baik, siklus II pertemuan I 79,16% kategori sangat baik. pertemuan II 95,83% kategori sangat baik. Hasil rata-rata persentase aktivitas siswa pada siklus I pertemuan I 44,1% kriteria cukup, pertemuan II 62,5 kriteria baik, siklus II pertemuan I 81,5 kategori sangat baik. pertemuan II 91,3% kriteria sangat baik. Hasil belajar siklus I rata-rata 66,13 persentase 45% kategori tuntas, Siklus II 80,18 persentase 90,9% kategori tuntas. Dan ada 2 siswa yang belum tuntas untuk selanjutnya diberikannya perbaikan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif dengan variasi alat peraga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 3 Sendangharjo Kecamatan Karangrayung, Kabupaten Grobogan tahun pelajaran 2010/2011.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika, Kooperatif dan alat peraga |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Users 3264 not found. |
Date Deposited: | 15 Nov 2011 01:31 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 06:57 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/8028 |
Actions (login required)
View Item |