Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Penguasaan Computer Based Learning Guru Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Pada Siswa Kelas X Jurusan Akuntansi SMK Negeri 1 Kudus Tahun Pelajaran 2010/2011
Victor Uji Kurnia , 7101407227 (2010) Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Penguasaan Computer Based Learning Guru Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Pada Siswa Kelas X Jurusan Akuntansi SMK Negeri 1 Kudus Tahun Pelajaran 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (“Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Penguasaan Computer Based Learning Guru Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Pada Siswa Kelas X Jurusan Akuntansi SMK Negeri 1 Kudus Tahun Pelajaran 2010/2011)
- Published Version
Download (6MB) | Preview |
Abstract
Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya teknologi informasi, sangat berpengaruh terhadap penyusunan dan implementasi strategi pembelajaran. Hasil observasi awal di SMK Negeri 1 Kudus diperoleh nilai akuntansi di kelas X jurusan akuntansi (AK) memiliki indikasi rendah. Jika dituangkan dalam bentuk persentase secara berurutan mulai dari kelas X AK 1 dan X AK 2 adalah 50% dan 59%. Permasalahan dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh persepsi siswa tentang penguasaan computer based learning guru terhadap prestasi belajar mata pelajaran akuntansi kelas X jurusan akuntansi SMK Negeri 1 Kudus tahun pelajaran 2010/2011. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X jurusan akuntansi SMK Negeri 1 Kudus Tahun Pelajaran 2010/2011. Sampel yang akan digunakan dalam penelitian sebesar 56 responden yang diperoleh dari rumus Slovin. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas (persepsi siswa tentang penguasaan computer based learning guru), variabel terikat (prestasi belajar mata pelajaran akuntansi). Metode pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket dan metode dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan dengan analisis deskripstif dan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukan rata-rata persentase dari persepsi siswa tentang penguasaan computer based learning gurusebesar 78,47% yang dapat dikategorikan mampu. Persepsi siswa tentang penguasaan computer based learning guru mempunyai nilai signifikansi 0,000. Karena model mempunyai nilai signifikansi kurang dari 0,05 maka dapat diambil kesimpulan bahwa persepsi siswa tentang penguasaan computer based learning guru (X) mempunyai pengaruh terhadap prestasi belajar mata pelajaran akuntansi (Y). Analisis regresi menunjukan pengaruh penguasaan computer based learning guru adalah sebesar 49%. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi sifatnya sangat dinamis, seperti juga perkembangan model computer based learning sehingga guru harus selalu mencari informasi dan menambah wawasan tentang model computer based learning untuk diterapkan dalam proses pembelajaran. Siswa hendaknya ikut aktif dalam mencapai pemahaman materi dengan menggunakan media komputer yang sudah terhubung dengan jaringan internet untuk mencari informasi atau materi pelajaran diluar dari bahan ajar yang diberikan oleh guru untuk meningkatkan prestasi belajar.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Prestasi Belajar, Computer Based Learning. |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 15 Nov 2011 00:45 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 06:57 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/8027 |
Actions (login required)
View Item |