MOTIVASI MASYARAKAT DALAM BERINVESTASI DI REKSADANA (Studi Kasus Pada Nasabah PT. Millenium Danatama Indonesia)


Irma Susanti , 3501407076 (2011) MOTIVASI MASYARAKAT DALAM BERINVESTASI DI REKSADANA (Studi Kasus Pada Nasabah PT. Millenium Danatama Indonesia). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MOTIVASI MASYARAKAT DALAM BERINVESTASI DI REKSADANA (Studi Kasus Pada Nasabah PT. Millenium Danatama Indonesia)]
Preview
PDF (MOTIVASI MASYARAKAT DALAM BERINVESTASI DI REKSADANA (Studi Kasus Pada Nasabah PT. Millenium Danatama Indonesia)) - Published Version
Download (964kB) | Preview

Abstract

Kegiatan investasi pada hakekatnya memiliki motif (primary motif) dan tujuan yang sama yaitu untuk mendapatkan sejumlah keuntungan atau laba dalam jumlah tertentu. Motif mendasar (primary motif) dari investasi yang membedakan antara kegiatan investasi (investment) dan kegiatan menabung (saving) yang motif dan tujuan utamanya adalah untuk tujuan proteksi atau perlindungan dan untuk memperoleh rasa aman melalui tindakan berjaga-jaga dengan mencadangkan sejumlah dana. Oleh karena itu permasalahan yang di ambil dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana profil nasabah yang berinvestasi di PT. Millenium Danatama Indonesia ?,(2)Faktor apakah yang menjadi motivasi nasabah berinvestasi Reksadana di PT. Millenium Danatama Indonesia ? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian adalah PT. Millenium Danatama Indonesia, metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah Nasabah dan pengelola PT. Millenium Danatama Indonesia. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis interaktif meliputi: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) profil nasabah yang berinvestasi di PT. Millenium Danatama Indonesia pada umumnya memiliki karakter yang berbeda satu sama lain. Hal ini terlihat dari latarbelakang budaya yang berbeda dari setiap nasabah seperti Batak, China, Jawa dan lain – lain. Namun, secara umum semuanya memiliki kepentingan yang sama yaitu untuk meraih keuntungan dalam investasi.(2) Faktor yang menjadi motivasi nasabah berinvestasi Reksadana di PT. Millenium Danatama Indonesia adalah mendapatkan keuntungan, dalam hal ini nasabah memperoleh tambahan penghasilan serta menyimpan dananya untuk masa depan serata sistem investasi yang menurut nasabah tidak rumit. Simpulan dari penelitian ini adalah (1) profil nasabah PT. Millenium Danatama Indonesia memiliki kepribadian yang unik, Hal ini disebabkan adanya pengaruh dari latar belakang budaya yang berbeda dan beraneka ragam.(2) faktor yang memotivasi nasabah berinvestasi reksadana pada PT. Millenium Danatama Indonesia adalah karena adanya faktor keuntungan yang menjadikan faktor utama nasabah, selain itu juga karena adanya prestise atau kepuasan nasabah dalam berinvestasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Reksadana, Investasi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HJ Public Finance
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 15 Nov 2011 00:36
Last Modified: 25 Apr 2015 06:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/8023

Actions (login required)

View Item View Item