Perbedaan Hasil Belajar dan Keaktifan Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi Pokok Bahasan Jurnal Penyesuaian dengan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think Pair Share) dan metode konvensional ceramah bervariasi Kelas X Di SMKN 1 Batang


Dewi Samikhah , 7101406667 (2011) Perbedaan Hasil Belajar dan Keaktifan Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi Pokok Bahasan Jurnal Penyesuaian dengan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think Pair Share) dan metode konvensional ceramah bervariasi Kelas X Di SMKN 1 Batang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Perbedaan Hasil Belajar dan Keaktifan Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi Pokok Bahasan Jurnal Penyesuaian dengan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think Pair Share) dan metode konvensional ceramah bervariasi Kelas X Di SMKN 1 Batang]
Preview
PDF (Perbedaan Hasil Belajar dan Keaktifan Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi Pokok Bahasan Jurnal Penyesuaian dengan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think Pair Share) dan metode konvensional ceramah bervariasi Kelas X Di SMKN 1 Batang) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar merupakan ukuran keberhasilan siswa yang dinyatakan dalam bentuk nilai pada setiap bidang studi. Salah satu hal yang mempengaruhi hasil belajar siswa adalah metode pembelajaran. Metode pembelajaran Think Pair Share siswa diharapkan saling membantu memahami materi yang dipelajari, sehingga dengan metode Think Pair Share diharapkan proses pembelajaran dapat efektif. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah apakah ada perbedaan hasil belajar akuntansi dan keaktifan siswa menggunakan metode Think Pair Share dengan metode konvensional. Sampel dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMKN 1 Batang jurusan akuntansi. Variabel yang dikaji adalah nilai pretes dan postest dengan metode pembelajaran Think Pair Share dan metode konvensional ceramah bervariasi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, dan observasi. Berdasarkan hasil uji independent sample t-test diperoleh nilai t pada equal variance assumed adalah 2,281 dengan probabilitas signifikansi 0,026. Probabilitas < 0,05 maka H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Persentase ketuntasan kelas eksperimen 92% dan kelas kontrol 83%. Berdasarkan hasil observasi diperoleh rata-rata persentase keaktifan siswa pada pertemuan 1-4 di kelas eksperimen (60,88%, 65,74%, 70,83%, 81,25%) dan keaktifan di kelas kontrol (62,15%, 65,00%, 67,70%, 70,13%) Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada perbedaan hasil belajar dan keaktifan siswa menggunakan metode Think Pair Share dengan metode konvensional. Saran yang diberikan dalam penelitian ini adalah guru akuntansi dapat menggunakan metode Think Pair Share sebagai alternatif dalam memilih strategi pengajaran akuntansi

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share, metode konvensional ceramah bervariasi, Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 15 Nov 2011 00:30
Last Modified: 25 Apr 2015 06:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/8021

Actions (login required)

View Item View Item