Pemahaman Sistem Bahan Bakar Konvensional pada Mata Diklat Motor Kecil menggunakan Media Animasi Berbasis Multimedia di SMK Yosef Cepu


Harizal Rizki Ramadhian , 5201406500 (2011) Pemahaman Sistem Bahan Bakar Konvensional pada Mata Diklat Motor Kecil menggunakan Media Animasi Berbasis Multimedia di SMK Yosef Cepu. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pemahaman Sistem Bahan Bakar Konvensional pada Mata Diklat Motor Kecil menggunakan Media Animasi Berbasis Multimedia di SMK Yosef Cepu]
Preview
PDF (Pemahaman Sistem Bahan Bakar Konvensional pada Mata Diklat Motor Kecil menggunakan Media Animasi Berbasis Multimedia di SMK Yosef Cepu) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah tingkat pemahaman siswa pada pembelajaran sistem bahan bakar konvensional yang diajarkan dengan media animasi pada kelas X Otomotif A SMK Yosef Cepu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Oto di SMK Yosef Cepu sebanyak 96 siswa yang terdiri 3 kelas dengan jumlah siswa masing-masing kelasnya berbeda-beda. Peneliti mengambil dua kelas sebagai sampel yaitu kelas X Otomotif A sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah siswa 30 anak yang mendapatkan perlakuan dengan menggunakan media animasi, sedangkan kelas X Otomotif B sebagai kelompok kontrol dengan jumlah siswa 31 anak yang mendapat perlakuan pembelajaran menggunakan sistem ceramah konvensional. Hasil perhitungan ratarata nilai Pre-test maupun nilai Post-test pada kopetensi sistem bahan bakar konvensional diperoleh data yang berbeda. Pada kelompok eksperimen nilai hasil belajar Pre-test diperoleh rata-tara sebesar 68,83 dan nilai hasil belajar Post-test diperoleh rata-rata sebesar 80,16. Sedangkan pada kelompok kontrol nilai hasil belajar Pre-test diperoleh rata-tara sebesar 70,16 dan nilai hasil belajar Post-test diperoleh rata-rata sebesar 71,29. Kriteria Ho diterima jika thitung < ttabel dengan taraf signifikasi 5% dan dk 59 diperoleh nilai ttabel 2,00 sedangkan Ha diterima jika thitung > ttabel dengan taraf signifikasi 5% dan dk 59 diperoleh nilai ttabel 2,05. Disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, dengan demikian hipotesis yaitu hasil pembelajaran kompetensi sistem bahan bakar konvensional dengan menggunakan media animasi pada mata diklat motor kecil, siswa kelas X program keahlian otomotif SMK Yosef Cepu dapat diterima. Hasil uji t tersebut dibuktikan dengan peningkatan yang signifikan pada kelompok eksperimen sebesar 16,47%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media animasi, sistem bahan bakar konvensional
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 14 Nov 2011 03:51
Last Modified: 25 Apr 2015 06:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/7992

Actions (login required)

View Item View Item