KEEFEKTIFAN PERMAINAN KOOPERATIF DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK PRASEKOLAH DI TK KEMALA BHAYANGKARI 81 MAGELANG
Oktafi Dessy Maresha , 1550407011 (2011) KEEFEKTIFAN PERMAINAN KOOPERATIF DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK PRASEKOLAH DI TK KEMALA BHAYANGKARI 81 MAGELANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (KEEFEKTIFAN PERMAINAN KOOPERATIF DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK PRASEKOLAH DI TK KEMALA BHAYANGKARI 81 MAGELANG )
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Konsep pembelajaran yang diberikan di TK ialah bermain sambil belajar, bermain adalah suatu metode yang dapat meningkatkan keterampilan-keterampilan anak, diantarannya ialah keterampilan sosial. Keterampilan sosial anak prasekolah merupakan suatu kemampuan yang dimiliki anak usia 3-6 tahun dalam berinteraksi dengan orang lain atau lingkungan sekitarnya baik verbal maupun nonverbal yang dapat dalam rangka memenuhi kebutuhannya untuk dapat diterima oleh teman sebaya dan orang dewasa agar ia memperoleh rasa dibutuhkan dan rasa berharga. Dari hasil studi awal peneliti, keterampilan sosial yang ada pada siswa TK Kemala Bhayangkari 81 Magelang adalah rendah dengan munculnya beberapa indikator seperti, tidak mau bergiliran menggunakan alat permainan, menangis ketika bertengkar dengan teman dll. Salah satu Permaian yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan sosial anak ialah permainan kooperatif. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuasi yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sosial anak Prasekolah Di TK kemala Bhayangkari 81 Magelang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif sebagai metode analisis datanya. Subjek dalam penelitian ini ialah siswa-siswa kelas A yang berjumlah 28 siswa, terdiri dari kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Pembagian sample dilakuan dengan cara ranndomized matched two-groups design. Data diperoleh dari observasi yang dilakukan oleh dua orang observer pada tiap kelompok baik pretest maupun pottest dengan menggunakan alat pengumpulan data berupa rating scale. Perlakuan yang diberikan yaitu permainan kooperatif yang dilakukan sebanyak 12x perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan kooperatif dapat meningkatkan Keterampilan Sosial anak prasekolah di TK Kemala Bhayangkari 81 Magelang. Hal ini dapat dilihat dengan meningkatnya kompetensi dasar yang ditunjukkan oleh para siswa setelah diberikan perlakuan, antara lain dapat berinteraksi dengan teman sebaya dan orang dewasa, dapat mengekspresikan emosi yang wajar, dan mulai menunjukkan sikap disiplin. Saran dari penelitian bagi guru ialah, sebaiknya Permainan kooperatif ini dapat terus berlanjut dan dilaksanakan secara teratur agar keterampilan sosial anak dapat optimal dan selalu terjaga.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | permainan kooperatif, keterampilan sosial, anak prasekolah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1) |
Depositing User: | Users 7 not found. |
Date Deposited: | 14 Nov 2011 04:08 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 06:56 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/7990 |
Actions (login required)
View Item |