MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB MATERI POKOK PECAHAN KELAS VIID SEMESTER 1 MTs NEGERI PETARUKAN TAHUN AJARAN 2008/2009 MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI)


Faizin , 4101404016 (2009) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB MATERI POKOK PECAHAN KELAS VIID SEMESTER 1 MTs NEGERI PETARUKAN TAHUN AJARAN 2008/2009 MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB MATERI POKOK PECAHAN KELAS VIID SEMESTER 1 MTs NEGERI PETARUKAN TAHUN AJARAN 2008/2009 MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI)]
Preview
PDF (MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB MATERI POKOK PECAHAN KELAS VIID SEMESTER 1 MTs NEGERI PETARUKAN TAHUN AJARAN 2008/2009 MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI)) - Published Version
Download (6MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran matematika adalah suatu proses atau kegiatan guru mata pelajaran matematika dalam mengajarkan matematika pada siswanya agar terjadi interaksi optimal antara guru dengan siswa serta antara siswa dengan siswa. Selama ini hasil belajar siswa MTs Negeri Petarukan masih rendah. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata nilai ulangan pada materi pecahan tahun ajaran 2007/ 2008 yaitu 6,08. Dan hanya 30% siswa yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yakni 6,5. Dalam pembelajaran matematika yang dilakukan selama ini siswa masih cukup kesulitan memahami konsep-konsep dalam matematika, siswa masih kesulitan mengerjakan soal matematika dalam bentuk soal cerita, pembelajaran matematika yang dilakukan selama ini masih kurang bervariasi, siswa masih kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran. Untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa, perlu adanya suatu model pembelajaran yang tepat dalam pembelajaran di kelas agar pembelajaran menjadi lebih efektif. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI). Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa kelas VIID semester 1 MTs Negeri Petarukan Tahun Ajaran 2008/2009 pada materi pokok pecahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa kelas VIID semester 1 MTs Negeri Petarukan Tahun Ajaran 2008/2009 pada materi pokok pecahan Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan siklus I dilaksakana dalam dua pertemuan dan siklus II dilaksanakan dalam tiga pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah meningkatnya hasil belajar yaitu nilai rata-rata ≥ 65, ketuntasan klasikal ≥ 70% siswa memperoleh nilai ≥ 65 dan meningkatnya aktivitas siswa pada setiap siklusnya dengan persentase aktivitas siswa telah mencapai ≥ 70%. Dari hasil penelitian diperoleh indikator keberhasilan penelitian tercapai pada siklus II yaitu dengan nilai rata-rata kelas 7,61, ketuntasan klasikal 77,5%, dan rata-rata aktivitas siswa dalam pembelajaran pada siklus II sebesar 74%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa kelas VIID semester 1 MTs Negeri Petarukan Tahun Ajaran 2008/2009 pada materi pokok pecahan. Peneliti memberikan saran bagi guru untuk menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dalam kegiatan pembelajaran matematika, perlu mempertimbangkan waktu karena pembelajaran kooperatif tipe ini relatif memakan waktu yang lebih banyak sehingga guru harus mampu mengatur waktu sebaik mungkin.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, aktivitas siswa, Team Assisted Individualization (TAI), pecahan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 01 Apr 2011 06:56
Last Modified: 25 Apr 2015 04:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/799

Actions (login required)

View Item View Item