PENGGUNAAN MULTIMEDIA BERBASIS COREL VIDEO STUDIO X2 PADA PEMBELAJARAN KOMPETENSI SISTEM STARTER KONVENSIONAL DI SMK NU HASYIM ASY’ARI TARUB TEGAL


Alkomar Kahoro , 5201406032 (2011) PENGGUNAAN MULTIMEDIA BERBASIS COREL VIDEO STUDIO X2 PADA PEMBELAJARAN KOMPETENSI SISTEM STARTER KONVENSIONAL DI SMK NU HASYIM ASY’ARI TARUB TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGGUNAAN MULTIMEDIA BERBASIS COREL VIDEO STUDIO X2 PADA PEMBELAJARAN KOMPETENSI SISTEM STARTER KONVENSIONAL DI SMK NU HASYIM ASY’ARI TARUB TEGAL]
Preview
PDF (PENGGUNAAN MULTIMEDIA BERBASIS COREL VIDEO STUDIO X2 PADA PEMBELAJARAN KOMPETENSI SISTEM STARTER KONVENSIONAL DI SMK NU HASYIM ASY’ARI TARUB TEGAL) - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang diungkap dalam skripsi ini adalah tentang peningkatan prestasi belajar siswa jika menggunakan multimedia berbasis Corel Video Studio X2 pada mata pelajaran Listrik Otomotif pada kompetensi sistem starter konvensional di SMK NU Hasyim Asy’ari Tarub Tegal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar prestasi belajar yang dilakukan dengan penggunaan metode ceramah dan seberapa besar prestasi belajar yang dilakukan dengan penggunaan multimedia berbasis Corel Video Studio X2 serta apakah dengan mempergunakan multimedia berbasis Corel Video Studio X2 dapat meningkatkan prestasi belajar sistem starter konvensional pada siswa SMK NU Hasyim Asy’ari Tarub Tegal Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini dilakukan dengan cara undian dan didapatkan siswa kelas XI.O4 SMK NU Hasyim Asy’ari Tarub Tegal tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 39 siswa. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa pada setiap siklus terjadi peningkatan prestasi belajar tentang sistem starter konvensional dengan penerapan multimedia berbasis Corel Video Studio X2. Hal itu terlihat pada hasil tes kemampuan awal/metode ceramah diperoleh nilai rata-rata sebesar 60,256 dengan ketuntasan belajar sebesar 20,51%, sehingga belum bisa dikatakan berhasil karena masih dibawah dari indikator keberhasilan. Untuk hasil post test siklus I diperoleh nilai rata-rata 67,821 dengan ketuntasan belajar sebesar 56,41%. Sedangkan untuk hasil post test siklus II diperoleh nilai rata-rata 76,282 dengan ketuntasan belajar sebesar 87,17%. Keaktifan siswa dalam proses pembelajaran juga meningkat dari 61,22% (siklus I) menjadi 75,22% (siklus II). Peningkatan prestasi belajar dari kemampuan awal siswa sampai siklus I yaitu sebesar 7,564 dan besarnya peningkatan prestasi belajar dari kemampuan awal siswa sampai siklus II yaitu sebesar 16,026. Oleh karena itu pembelajaran dengan menggunakan multimedia berbasis Corel Video Studio X2 ini dapat dikategorikan cukup efektif untuk materi kompetensi sistem starter konvensional.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: multimedia, Corel Video Studio X2, prestasi belajar, sistem starter konvensional
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 14 Nov 2011 03:35
Last Modified: 25 Apr 2015 06:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/7983

Actions (login required)

View Item View Item