Peran Puskesmas Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus Dalam Pelayanan Keluarga Miskin (Studi Yuridis Pasal 2 Dan 3 Undang- Undang Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan)


Mukhammad Anis, 3450406554 (2011) Peran Puskesmas Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus Dalam Pelayanan Keluarga Miskin (Studi Yuridis Pasal 2 Dan 3 Undang- Undang Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peran Puskesmas Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus Dalam Pelayanan Keluarga Miskin (Studi Yuridis Pasal 2 Dan 3 Undang- Undang Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan)]
Preview
PDF (Peran Puskesmas Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus Dalam Pelayanan Keluarga Miskin (Studi Yuridis Pasal 2 Dan 3 Undang- Undang Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan)) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Puskesmas adalah Organisasi fungsional yang menyelenggarakan upaya kesehatan yang bersifat menyeluruh, terpadu, merata, dapat diterima dan terjangkau oleh masyarakat, dengan peran serta aktif masyarakat dan menggunakan hasil pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tepat guna, dengan biaya yang dapat dipikul oleh pemerintah dan masyarakat. Upaya kesehatan tersebut diselenggarakan dengan menitikberatkan kepada pelayanan untuk masyarakat luas guna mencapai derajat kesehatan yang optimal, tanpa mengabaikan mutu pelayanan kepada perorangan. Masalah yang dikaji di dalam penelitian ini adalah: (1) Regulasi apa saja yang terkait dengan pelayanan kesehatan keluarga miskin Puskesmas Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus?; (2) Bagaimana peran Puskesmas Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus dalam pelayanan kesehatan keluarga miskin?; (3) Kendala apa yang dihadapi dan solusi yang dilakukan Puskesmas Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus dalam pelayanan keluarga miskin ?. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui regulasi yang terkait dengan pelayanan kesehatan keluarga miskin Puskesmas Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus; (2) Untuk mengetahui peran Puskesmas dalam pelayanan kesehatan keluarga miskin di Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus; (3) Untuk mengetahui kendala yang dihadapi dan solusi yang dilakukan Puskesmas dalam pelayanan kesehatan keluarga miskin di Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus; Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan yuridis sosiologis. Lokasi penelitian di UPT Puskesmas Jekulo. Sumber data penelitian melalui informan (Kepala Puskesmas, Pegawai Dinas Kesehatan Kudus, Pasien), responden (Akademisi, Masyarakat), dokumen. Metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi. Data selanjutnya di analisis. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) Regulasi Yang Terkait Dengan Pelayanan Kesehatan Keluarga Miskin; Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan, Undang-undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Kesehatan Masyarakat, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2005 Tentang Pedoman Penyusunan Dan Penerapan Standar Pelayanan Minimal, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 2007 Tentang Pembagian Urusan Pemerintahan Antara Pemerintah, Pemerintahan Daerah Provinsi, Dan Pemerintahan Daerah Kabupaten/Kota, Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 316/Menkes/SK/V/2009 Pedoman Peleksanaan Program Jaminan Kesehatan Masyarakat 2009, Peraturan Bupati Kudus Nomor 3 Tahun 2009 tentang Organisasi dan Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis pada Dinas Daerah Kabupaten Kudus, Peraturan Bupati Kudus Nomor 32 Tahun 2010 tentang Penyelenggaraan Program Jamian Kesehatan Daerah Kabupaten Kudus, Keputusan Bupati Kudus Nomor 440/303/2010 Tentang Penetapan Peserta Program Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) Di Kabupaten Kudus Tahun 2011. (2) Peran Puskesmas Jekulo Dalam Pelayanan Kesehatan Keluarga Miskin Di Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus; Dengan penerapan Standar Pelayanan Minimal dilihat dari Pembangunan Kesehatan ada yang belum sesuai dengan Asas-asas Pembangunan Kesehatan. Hal itu dikarenakan masih belum optimalnya pelayanan yang diberikan kepada masyakat dengan petugas kesehatan yang masih kurang. Atas dasar hal tersebut Peran Puskesmas Jekulo dalam Pelayanan keluarga miskin kurang maksimal. (3) Kendala yang dihadapi dan Solusi yang dilakukan Puskesmas Dalam Pelayanan Kesehatan Keluarga Miskin, Puskesmas masih mengalami kesulitan pada penanganan persyaratan rujukan bagi KK miskin yang belum memiliki Jamkesmas dan Jamkesda. Solusinya membentuk forum kesehatan desa supaya program kesehatan yang diselenggarakan untuk keluarga miskin dapat tercapai. Berdasarkan penelitian ini, dari peneliti menyarankan bagi UPT Puskesmas Jekulo dan Dinas Kabupaten Kudus, agar dapat meningkat jenis pelayanan terhadap keluarga miskin dan meningkatkan mutu pelayanan. Sehingga kedepannya pelayanan terhadap keluarga miskin mencapai kepuasan. Bagi kelurga miskin, untuk dapat lebih meningkatkan kesehatan maka harus membiasakan berpola hidup sehat serta senantiasa menjaga kesehatan lingkungan seperti kebersihan sanitasi, rumah, dan lebih lagi untuk memanfaatkan kesehatan di Puskesmas, karena Puskesmas juga telah memberikan pelayanan dengan maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peran Pelayanan Puskesmas, Keluarga Miskin,UU
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
Fakultas: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 14 Nov 2011 00:28
Last Modified: 25 Apr 2015 06:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/7970

Actions (login required)

View Item View Item