PENGEMBANGAN EDUCATION GAMES MATERI ORGANISASI KEHIDUPAN TINGKAT SEL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SISWA SMP


Marta Dewi Rakhmanita, 4401407105 (2011) PENGEMBANGAN EDUCATION GAMES MATERI ORGANISASI KEHIDUPAN TINGKAT SEL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SISWA SMP. Under Graduates thesis, universitas negeri semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN EDUCATION GAMES ]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN EDUCATION GAMES )
Download (9MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Rakhmanita, Marta Dewi. 2011. Pengembangan Education Games Materi Organisasi Kehidupan Tingkat Sel Sebagai Media Pembelajaran Siswa SMP. Skripsi, Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Semarang. Dra. Ely Rudyatmi, M. Si. dan Parmin, S. Pd., M.Pd. Di SMP 36 Semarang belum tersedia media pembelajaran materi organisasi kehidupan tingkat sel yang menyenangkan. Maka tujuan penelitian ini adalah mengembangkan education games (puzzle dan Crossword Puzzle) materi organisasi kehidupan tingkat sel sebagai media pembelajaran siswa SMP 36. Rancangan penelitian ini adalah research and development dengan tahapan analisis (potensi dan masalah), pembuatan produk, validasi ahli, revisi I, uji coba skala kecil, revisi II, uji coba skala besar (IIdanIII) sehingga dihasilkan produk jadi. Data penelitian ini yaitu kelayakan education games, hasil belajar, keterampilan dan ranah afektif (aktivitas dan sikap) siswa. Secara berurutan masing-masing diukur dengan instrumen angket bentuk daftar cek, soal pretest-postest dan lembar observasi. Hasil penelitian ini yaitu, ahli materi maupun ahli media menilai education games sangat layak dan setelah melalui uji coba produk sebanyak tiga kali penilaian oleh siswa yaitu minimal layak, sedangkan guru menilai sangat layak. Pada uji coba II ada siswa yang tidak terampil menggunakan education games, sedangkan pada uji coba III semua siswa terampil. Pada tahap uji coba skala besar (II dan III) diketahui bahwa, education games dapat meningkatkan hasil belajar siswa, semua siswa minimal aktif dan memiliki sikap yang baik dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa education games yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Crossword Puzzle, Education Games, Kelayakan, Puzzle, Sel
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Users 3263 not found.
Date Deposited: 14 Nov 2011 00:16
Last Modified: 25 Apr 2015 06:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/7967

Actions (login required)

View Item View Item