(ABSTRAK) Efektivitas CD Interaktif sebagai Media Pembelajaran pada Pokok Bahasan Materi Genetika di SMA Negeri 1 Mijen Demak


Muzairin, 4401406560 (2011) (ABSTRAK) Efektivitas CD Interaktif sebagai Media Pembelajaran pada Pokok Bahasan Materi Genetika di SMA Negeri 1 Mijen Demak. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of (ABSTRAK) Efektivitas CD Interaktif sebagai Media Pembelajaran pada Pokok Bahasan Materi Genetika di SMA Negeri 1 Mijen Demak]
Preview
PDF ((ABSTRAK) Efektivitas CD Interaktif sebagai Media Pembelajaran pada Pokok Bahasan Materi Genetika di SMA Negeri 1 Mijen Demak) - Published Version
Download (65kB) | Preview

Abstract

Salah satu faktor yang mempunyai pengaruh cukup besar dalam pencapaian hasil belajar adalah media pembelajaran yang digunakan saat proses belajar mengajar berlangsung. Media pembelajaran pada prinsipnya adalah sebuah proses komunikasi, yakni proses penyampaian pesan yang diciptakan melalui suatu kegiatan penyampaian dan tukar-menukar pesan atau informasi oleh setiap guru dan peserta didik. Berdasarkan observasi, SMAN 1 Mijen mempunyai laboratorium komputer yang dapat dimanfaatkan sebagai salah satu media pembelajaran untuk menunjang keberhasilan hasil belajar siswa. Pada penelitian ini media yang digunakan adalah CD Interaktif. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah CD Interaktif sebagai media pembelajaran efektif diterapkan pada pokok bahasan materi genetika di SMAN 1 Mijen Demak. Materi pada CD Interaktif ini adalah mempelajari tentang gen, DNA-RNA, dan sintesis protein di semester gasal kelas XII SMA. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Mijen pada kelas XII semester gasal tahun ajaran 2010/2011. Sampel penelitian ini diambil dua kelas dengan teknik purposive sampling. Rancangan penelitian yang digunakan adalah one shot case study. Data penelitian ini meliputi hasil belajar siswa, tanggapan siswa, aktivitas siswa, dan tanggapan guru. Hasil penelitian ini dapat dilihat dari, (1) ketuntasan belajar klasikal siswa sebesar 100% dengan kategori sangat baik dan rata-rata nilai akhir siswa kelas XII IPA 1 dan XII IPA 2 adalah 81,53 dan 84,89. (2) Aktifitas siswa lebih dari 65% yaitu siswa kelas XII IPA 1 dan XII IPA 2 adalah 85,15% dan 88,47%. (3) Tanggapan siswa terhadap proses pembelajaran lebih dari 65% yaitu siswa kelas XII IPA 1 dan XII IPA 2 adalah 98% dan 95%. (4) guru berpendapat bahwa pembelajaran menggunakan CD Interaktif dirasa lebih aktif, inovatif, kreatif, dan lebih menarik selama proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan CD Interaktif pada pokok bahasan materi genetika sub bahasan struktur DNA dan sintesis protein efektif diterapkan di SMAN 1 Mijen Demak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, CD Interaktif, Media Pembelajaran
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Rizki Setiadi
Date Deposited: 13 Nov 2011 11:09
Last Modified: 13 Nov 2011 11:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/7939

Actions (login required)

View Item View Item