PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB DENGAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TEKNIK TANDUR PADA SISWA KELAS VIII SMP ISLAM MOGA KABUPATEN PEMALANG TAHUN 2011


Vera Strisly Budi Ariyani, 2303407019 (2011) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB DENGAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TEKNIK TANDUR PADA SISWA KELAS VIII SMP ISLAM MOGA KABUPATEN PEMALANG TAHUN 2011. Under Graduates thesis, unnes.

[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB DENGAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TEKNIK TANDUR PADA SISWA KELAS VIII SMP ISLAM MOGA KABUPATEN PEMALANG TAHUN 2011]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB DENGAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TEKNIK TANDUR PADA SISWA KELAS VIII SMP ISLAM MOGA KABUPATEN PEMALANG TAHUN 2011) - Published Version
Download (15MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Strisly, Vera. 2011. Peningakatan Keterampilan Menulis Bahasa Arab dengan Model Pembelajaran Quantum Teaching teknik TANDUR pada Siswa kelas VIII SMP Islam Moga Kabupaten Pemalang Tahun 2011. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Arab. Jurusan Bahasa dan Sastra Asing, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Retno Purnama Irawati, S.S, M.A Pembimbing II: DR. Zaim Elmubarok, S.Ag., M.Ag. Kata Kunci: Keterampilan Menulis Bahasa Arab, Model Pembelajaran Quantum Teaching Teknik TANDUR Keterampilan menulis merupakan salah satu keterampilan yang harus dikuasai oleh siswa kelas VIII SMP Islam Moga. Oleh karena itu, pemilihan model pembelajaran adalah upaya untuk meningkatkan hasil belajar menulis bahasa Arab siswa. Model pembelajaran quantum teaching teknik TANDUR merupakan model pembelajaran yang mengubah suasana kelas menjadi menyenangkan dan meriah. TANDUR sendiri merupakan akronim dari T (Tumbuhkan), A (Alami), N (Namai), D (Demonstrasikan), U (Ulangi), R (Rayakan). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peningkatan keterampilan menulis bahasa Arab siswa kelas VIII SMP Islam Moga setelah diterapkan pembelajaran quantum teaching teknik TANDUR, bagaimana perubahan perilaku siswa kelas VIII SMP Islam Moga setelah diterapkan pembelajaran quantum teaching teknik TANDUR, dan bagaimana penerapan model pembelajaran quantum teaching teknik TANDUR untuk meningkatkan keterampilan menulis bahasa Arab siswa kelas VIII SMP Islam Moga oleh guru pengampu mata pelajaran bahasa Arab. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis Bahasa Arab siswa kelas VIII SMP Islam Moga setelah diterapkan model pembelajaran quantum teaching teknik TANDUR, mendeskripsikan perubahan perilaku siswa kelas VIII SMP Islam Moga setelah diterapkan model pembelajaran quantum teaching teknik TANDUR dalam pembelajaran menulis bahasa Arab, dan mendeskripsikan model pembelajaran quantum teaching teknik TANDUR untuk meningkatkan kemampuan ketrampilan menulis Bahasa Arab siswa kelas VIII SMP Islam Moga yang diterapkan oleh guru pengampu mata pelajaran bahasa Arab. Desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan model PTK simultan terintegrasi, yaitu guru dilibatkan pada proses penelitian kelasnya terutama pada aspek atau langkah mencobakan tindakan dan melakukan refleksi terhadap praktik-praktik pembelajaran di kelas. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Rata-rata kelas pada siklus I adalah 68,84 dan rata-rata kelas siklus II sebesar 84,335. Dapat diketahui pula terjadi peningkatan pada setiap pertemuannya dengan peningkatan 4,53% pada pertemuan pertama ke pertemuan kedua, 18,89% pada pertemuan kedua ke pertemuan ketiga, dan 2,12% pada pertemuan tiga ke pertemuan keempat. Selain peningkatan hasil belajar, terjadi perubahan perilaku siswa, yang diketahui melalui data observasi, wawancara dan angket. Hasil penelitian juga menunjukkan peningkatan keterampilan guru dalam menerapkan model pembelajaran quantum teaching teknik TANDUR dalam pembelajaran menulis bahasa Arab, sehingga mampu meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menulis Bahasa Arab, Model Pembelajaran Quantum Teaching Teknik TANDUR
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Users 3259 not found.
Date Deposited: 14 Nov 2011 00:21
Last Modified: 25 Apr 2015 06:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/7931

Actions (login required)

View Item View Item