UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI KOMPETENSI DASAR JURNAL PENYESUAIAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS BLOG PADA SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH NEGERI KENDAL TAHUN AJARAN 2010/2011
Puji Haryati, 7101407302 (2011) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI KOMPETENSI DASAR JURNAL PENYESUAIAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS BLOG PADA SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH NEGERI KENDAL TAHUN AJARAN 2010/2011. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG(UNNES).
Preview |
PDF (UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI KOMPETENSI DASAR JURNAL PENYESUAIAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS BLOG PADA SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH NEGERI KENDAL TAHUN AJARAN 2010/2011)
Download (5MB) | Preview |
Abstract
Haryati, Puji. 2011. Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Kompetensi Dasar Jurnal Penyesuaian Melalui Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Blog Pada Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Kendal Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I. Agung Yulianto, S.Pd., M.Si. Indah Fajarini S.W., SE, M.Si,Akt. Kata kunci : Blog, Prestasi Belajar, Jurnal Penyesuaian. Penggunaan model pembelajaran yang sama dalam kurun waktu yang lama akan membuat siswa merasa jenuh. Untuk itu, dibutuhkan suatu alternatif media pembelajaran yang dapat membantu mengurangi kejenuhan siswa, salah satunya dengan penggunaan media pembelajaran berbasis blog. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (a) apakah penggunaan media pembelajaran berbasis Blog dapat meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran Akuntansi kompetensi dasar jurnal penyesuaian pada siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri Kendal, (b) apakah terdapat perbedaan prestasi belajar siswa antara model pembelajaran konvensional dengan penggunaan media pembelajaran Blog dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional dengan menggunakan media LKS. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui solusi dari permasalahan yang ada. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS MAN Kendal tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 127 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel yang digunakan berjumlah 84 siswa diperoleh kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan tes. Analisis data menggunakan uji paired sample T Test dan independent sample T Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan uji tahap akhir, diperoleh data berdistribusi normal dan mempunyai varians yang sama (homogen). Dengan pengujian paired sample T-Test, hasil analisis diperoleh nilai -t hitung = - 3.939< -ttabel = -1.980 maka H0 ditolak yang artinya bahwa ada perbedaan rata-rata nilai tes antara sebelum dan setelah treatment di kelas eksperimen. Pengujian dengan independent sample T Test dapat disimpulkan jika nilai thitung positif, berarti rata-rata nilai kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Dari hasil analisis diperoleh t hitung = 3.939 < ttabel = 1.980 maka H0 ditolak yang artinya ada perbedaan rata-rata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Karena nilai t hitung positif maka rata-rata nilai kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media blog mampu meningkatkan prestasi belajar siswa. Ada perbedaan prestasi belajar siswa dengan penggunaan media blog dibandingkan dengan media LKS. Oleh karena itu, guru disarankan menggunakan media blog kompetensi dasar jurnal penyesuaian sebagai pelengkap media LKS. Media blog perlu terus dikembangkan, sehingga siswa dapat lebih memahami materi yang dipelajari.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Blog, Prestasi Belajar, Jurnal Penyesuaian. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | Users 3263 not found. |
Date Deposited: | 14 Nov 2011 00:25 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 06:54 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/7904 |
Actions (login required)
View Item |