PERSEPSI GURU EKONOMI AKUNTANSI SMA TENTANG PELAKSANAAN PENILAIAN PORTOFOLIO DALAM UJI SERTIFIKASI GURU DALAM JABATAN


Rimsilani Sabrina, 3301404140 (2011) PERSEPSI GURU EKONOMI AKUNTANSI SMA TENTANG PELAKSANAAN PENILAIAN PORTOFOLIO DALAM UJI SERTIFIKASI GURU DALAM JABATAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERSEPSI GURU EKONOMI AKUNTANSI SMA TENTANG PELAKSANAAN PENILAIAN PORTOFOLIO DALAM UJI SERTIFIKASI GURU DALAM JABATAN]
Preview
PDF (PERSEPSI GURU EKONOMI AKUNTANSI SMA TENTANG PELAKSANAAN PENILAIAN PORTOFOLIO DALAM UJI SERTIFIKASI GURU DALAM JABATAN) - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Sabrina, Rimsilani. 2011, Persepsi guru ekonomi akuntansi SMA tentang pelaksanaan penilaian portofolio dalam uji sertifikasi guru dalam jabatan. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi. Fakultas ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Nanik Sri Utaminingsih, SE, M. Si, Akt. II Muhammad Khafid, S. Pd, M. Si Kata kunci: Portofolio guru, persepsi, sertifikasi guru Dalam rangka meningkatkan mutu pendidik di negara kita pemerintah melaksanakan program sertifikasi guru sebagai bentuk pengakuan profesi guru. Saat ini sertifikasi diutamakan bagi guru dalam jabatan yang dilakukan melalui uji portofolio. Tujuan dari sertifikasi ini adalah untuk mengetahui kompetensi guru. Hasil observasi awal menunjukkan bahwa ternyata masih banyak guru yang tidak lulus. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah persepsi guru Ekonomi Akuntansi SMA yang lulus uji portofolio dan yang tidak lulus uji portofolio tentang pelaksanaan penilaian portofolio dalam uji sertifikasi guru dalam jabatan.Untuk mengetahui apakah ada perbedaan persepsi antara guru yang lulus dan yang tidak lulus terhadap pelaksanaan penilaian portofolio, maka dilakukan penelitian terhadap seluruh guru dalam jabatan. Penelitian ini melibatkan populasi sebanyak 43 guru ekonomi akuntansi SMA se Kabupaten Semarang. Jenis penelitian ini ini adalah kuantitatif. Metode pengumpulan data dengan menggunakan angket yang diderikan kepada guru. Tekhnik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase. Pengujian hipotesis menggunakan uji t Independent sample t test. Hasil analisis deskriptif menunjukkan secara umum rata- rata persepsi guru ekonomi akuntansi SMA se kabupaten semarang tentang komponen penilaian portofolio guru dalam uji sertifikasi guru dalam jabatan mencapai 75,47% dalam kategari tinggi. Hasil uji t Test dengan SPSS 12 diperoleh nilai t hitung= 0.065 dengan P value = 0,948 > 0,05. Simpulan para guru cenderung setuju dengan komponen- komponen yang digunakan untuk menilai kompetensi dan profesionalitas guru.Tidak ada perbedaan signifikan persepsi antar guru yang lulus secara langsung dengan yang tidak lulus secara langsung terhadap pelaksanaan penilaian portofolio dalam pelaksanaan penilaian portofolio dalam uji sertifikasi guru dalan jabatan. Saran bagi guru dalam menjalankan kinerjanya sesuai dengan komponen- komponen dalam uji sertifikasi guru sehingga dapat memenuhi persyaratan saat melakukan sertifikasi guru dalam jabatan, guru perlu melakukan penelitian tentang pendidikan karena masih jarang, pemerintah perlu terus mengupayakan pelatihan tentang penelitian kepada guru untuk peningkatan kualitas pendidikan

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Portofolio guru, persepsi, sertifikasi guru
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Users 3257 not found.
Date Deposited: 14 Nov 2011 00:26
Last Modified: 25 Apr 2015 06:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/7886

Actions (login required)

View Item View Item