EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE TAI BERBANTUAN CD PEMBELAJARAN MATERI DIMENSI TIGA KELAS X


Halimatus Sa’diyah, 4101407090 (2011) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE TAI BERBANTUAN CD PEMBELAJARAN MATERI DIMENSI TIGA KELAS X. Under Graduates thesis, unnes.

[thumbnail of EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE TAI BERBANTUAN CD PEMBELAJARAN MATERI DIMENSI TIGA KELAS X]
Preview
PDF (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE TAI BERBANTUAN CD PEMBELAJARAN MATERI DIMENSI TIGA KELAS X) - Published Version
Download (6MB) | Preview

Abstract

Sawitri, Riza. 2011. Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dan Think Pair Share (TPS) Berbantuan Jigsaw Puzzle terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Pokok Kubus dan Balok pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 5 Purworejo Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi, Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Utama Dra. Kristina Wijayanti, M.S. dan Pembimbing Pendamping Dr. Zaenuri Mastur, S.E., M.Si., Akt. Kata kunci: model pembelajaran NHT, TPS, Jigsaw Puzzle, Hasil Belajar, Kubus dan Balok Untuk membuat pembelajaran matematika menjadi bermakna dan peserta didik aktif maka perlu digunakan model pembelajaran kooperatif, diantaranya NHT dan TPS. Jigsaw puzzle merupakan media visual yang berfungsi sebagai strategi dalam mengajukan pertanyaan untuk menarik minat peserta didik. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) apakah rata-rata hasil belajar matematika materi pokok kubus dan balok pada peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran NHT berbantuan jigsaw puzzle, TPS berbantuan jigsaw puzzle dan ekspositori mencapai nilai minimal 70?, (2) apakah pada model pembelajaran NHT berbantuan jigsaw puzzle, TPS berbantuan jigsaw puzzle dan ekspositori minimal 75% peserta didik mencapai nilai minimal 70?, (3) apakah ada perbedaan rata-rata hasil belajar matematika materi pokok kubus dan balok pada peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran NHT berbantuan jigsaw puzzle, TPS berbantuan jigsaw puzzle, dan ekspositori?. Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Purworejo tahun pelajaran 2010/2011. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik random sampling dan terpilih secara acak kelas VIII C sebagai kelas eksperimen 1(NHTberbantuan jigsaw puzzle),kelas VIII E sebagai kelas eksperimen 2 (TPSberbantuan jigsaw puzzle), kelas VIII F sebagai kelas kontrol(pembelajaran ekspositori),dan kelas VIII B sebagai kelas uji coba. Data hasil penelitian diperoleh dengan metode tes yang kemudian dianalisis dengan menggunakan uji rata-rata, uji proporsi, uji analisis varians, dan uji lanjut (uji Scheffe) untuk menguji hipotesis penelitiannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) rata-rata hasil belajar peserta didik kelas eksperimen 1 sebesar 81,17; eksperimen 2 sebesar 75,56 dan kelas kontrol sebesar 65,28 (2) pada kelas eksperimen 1 sebesar 90% peserta didik mencapai nilai minimal 70, kelas eksperimen 2 sebesar 91% peserta didik mencapai nilai minimal 70 dan pada kelas kontrol 50% peserta didik mencapai nilai minimal 70, (3) berdasarkan uji Scheffe ada perbedaan secara signifikan rata-rata hasil belajar antara kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 dengan kelas kontrol tetapi tidak ada perbedaan secara signifikan rata-rata hasil belajar antara kelas ekperimen 1 dan kelas eksperimen 2. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar matematika materi pokok kubus dan balok pada peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran NHT berbantuan jigsaw puzzle, TPS berbantuan jigsaw puzzle mencapai nilai minimal 70, tetapi rata-rata hasil belajar peserta didik yang diajar dengan pembelajaran ekspositori tidak mencapai nilai minimal 70,(2) Pada model pembelajaran NHT berbantuan jigsaw puzzle dan TPS berbantuan jigsaw puzzle minimal 75% peserta didik mencapai nilai minimal 70 tetapi pada pembelajaran ekspositori kurang dari 75% peserta didik mencapai nilai minimal 70, (3) ada perbedaan rata-rata hasil belajar matematika peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran NHT berbantuan jigsaw puzzle dan model pembelajaran TPS berbantuan jigsaw puzzle dengan pembelajaran pembelajaran ekspositori. Tidak ada perbedaan secara signifikan rata-rata hasil belajar matematika peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran NHT berbantuan jigsaw puzzle dan TPS berbantuan jigsaw puzzle.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran NHT, TPS, Jigsaw Puzzle, Hasil Belajar, Kubus dan Balok
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 3257 not found.
Date Deposited: 14 Nov 2011 00:26
Last Modified: 25 Apr 2015 06:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/7877

Actions (login required)

View Item View Item