(ABSTRAK) Meningkatkan prestasi, aktivitas dan motivasi belajar siswa kelas Siswa Kelas VII SMP N 3 satu Atap Grobogan Tahun Pelajaran 2010/2011 pada Pokok Bahasan Persegi dan Persegi Panjang Melalui Model Pembelajaran Think-Pair-Share berbasis RME.


Harni, 4101406516 (2011) (ABSTRAK) Meningkatkan prestasi, aktivitas dan motivasi belajar siswa kelas Siswa Kelas VII SMP N 3 satu Atap Grobogan Tahun Pelajaran 2010/2011 pada Pokok Bahasan Persegi dan Persegi Panjang Melalui Model Pembelajaran Think-Pair-Share berbasis RME. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of (ABSTRAK) Meningkatkan prestasi, aktivitas dan motivasi belajar siswa kelas Siswa Kelas VII SMP N 3 satu Atap Grobogan Tahun Pelajaran 2010/2011 pada Pokok Bahasan Persegi dan Persegi Panjang  Melalui Model Pembelajaran Think-Pair-Share berbasis RME.]
Preview
PDF ((ABSTRAK) Meningkatkan prestasi, aktivitas dan motivasi belajar siswa kelas Siswa Kelas VII SMP N 3 satu Atap Grobogan Tahun Pelajaran 2010/2011 pada Pokok Bahasan Persegi dan Persegi Panjang Melalui Model Pembelajaran Think-Pair-Share berbasis RME.) - Published Version
Download (142kB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran yang selama ini diterapkan adalah model pembelajaran konvensional, di mana guru yang mendominasi kegiatan pembelajaran, dan keaktifan peserta didik kurang. Agar peserta didik dapat terlibat aktif dalam pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, maka diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat mengaktifkan dan memudahkan peserta didik dalam memahami konsep-konsep matematika dan menyelesaikan masalah matematika, di antaranya yaitu model pembelajaran kooperatif tipe TPS berbasis RME. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah model pembelajaran Think-Pair-Share berbasis RME pada pokok bahasan Persegi dan Persegi Panjang dapat meningkatka prestasi, motivasi dan aktivitas matematika belajar matematika siswa kelas VII SMP N 3 satu Atap Grobogan tahun pelajaran 2010/2011. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 3 Satu Atap Grobogan tahun pelajaran 2010/2011. Pembelajaran dilakukan dalam 2 siklus. Siklus I pada materi persegi, siklus II pada materi persegi panjang. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan uji t. Berdasarkan hasil penelitian mengalami peningkatan prestasi, aktivitas dan motivasi belajar siswa kelas VII SMP N 3 Satu Atap Grobogan tahun pelajaran 2010/2011. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil siklus I rata-rata prestasi siswa yaitu 5,7 mengalami peningkatan disiklus II menjadi 6,8. Pada aktivitas belajar pada siklus I yaitu : 5,4 mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 7, sedangkan motivasi pada siklus I mencapai 105,60 mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 111,77 Disimpulkan bahwa prestasi, aktivitas belajar matematika dan motivasi belajar pada siswa kelas VII SMP N 3 Satu Atap Grobogan pada materi persegi dan persegi panjang ddapat ditingkatkan melalui pembelajaran kooperatif TPS berbasis RME. Dengan saran guru hendaknya memilih model pembelajaran kooperatif TPS berbasis RME dalam proses pembelajaran matematika khususnya TPS pada materi persegi dan persegi panjang untuk meningkatkan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Aktivitas, Prestasi belajar TPS berbasis RME.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: Rizki Setiadi
Date Deposited: 13 Nov 2011 09:07
Last Modified: 13 Nov 2011 09:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/7869

Actions (login required)

View Item View Item