(ABSTRAK) Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Pada Siswa Kelas IV SDN Kradenan 02 Kaliwungu Kabupaten Semarang


RETNO SAPARINTEN, 1402908140 (2010) (ABSTRAK) Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Pada Siswa Kelas IV SDN Kradenan 02 Kaliwungu Kabupaten Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of (ABSTRAK) Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Pada Siswa Kelas IV SDN Kradenan 02 Kaliwungu Kabupaten Semarang]
Preview
PDF ((ABSTRAK) Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Pada Siswa Kelas IV SDN Kradenan 02 Kaliwungu Kabupaten Semarang) - Published Version
Download (108kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas siswa, respon siswa dan hasil belajar. Guru menyampaikan materi masih konvensional sehingga siswa merasa kurang tertarik, penggunaan alat peraga kurang maksimal menyababkan siswa pasif dalam pembelajaraan. Hal ini mengakibatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Kradenan 02 mencapai 33% siswa yang memperoleh nilai kurang dari 70 dengan KKM 65. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah strategi inkuiri dapat meningkatkan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas siswa, respon siswa dan hasil belajar siswa ?. penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru, aktivitas siswa, respon siswa dan hasil belajar dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan strategi inkuiri. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN Kradenan 02 Kaliwungu Kabupaten Semarang yang berjumlah 15 siswa, terdiri dari 11 siswa laki- laki dan 4 siswa perempuan. Variable yang diselidiki pada penelitian ini adalah kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas siswa, respon siswa dan hasil belajar siswa Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi,catatan lapangan,dokumentasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran inkuiri pada siklus I skor rata- rata 2,3 dengan kriteria kurang, pada siklus II skor rata- rata 3 dengan kriteria baik dan pada siklus III mengalami peningkatan yang sangat baik yaitu 3,6. (2) aktivitas siswa dalam pembelajaran siklus I skor rata- rata 1,58 dengan kriteria cukup, pada siklus II skor rata- rata 2,57 dengan kriteria baik dan pada siklus III meningkat menjadi 3,57 dengan kriteria sangat baik . (3) Ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus I, II dan III mengalami peningkatan yang cukup siknifikan. Dalam hal ini hampir semua siswa mencapai batas ketuntasan hasil belajar, yang semula dari hasil tes awal diketahui hanya 5 dari 15 siswa yang mencapai KKM (70). Sedangkan pada tes akhir menunjukkan 13 dari 15 siswa telah berhasil mencapai nilai KKM (70). Perolehan nilai tiap siklusnya yaitu siklus I nilai rata- rata sebesar 64 dengan prosentasenya 40%, sedangkan pada siklus II nilai rata- rata meningkat menjadi 69,3 prosentasenya 60% kemudian pada siklus III mengalami peningkatan yang cukup signifikan yaitu dengan rata- rata sebesar 78 dan prosentasenya 86,7%. Berdasarkan hasil analisis data sesuai rumasan masalah dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui strategi inkuiri dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA pada siswa kelas IV SDN Kradenan 02 Kaliwungu Kabupaten Semarang. Saran bagi guru adalah guru harus meningkatkan pemahaman dalam melakukan pembelajaran inkuiri karena dalam proses pembelajaran melatih anak untuk mencari dan menemukan sendiri jawaban dari suatu masalah yang dipertanyakan, sehingga proses pembelajaran dapat melibatkan keaktifan siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran, Strategi Inkuiri
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Rizki Setiadi
Date Deposited: 13 Nov 2011 08:19
Last Modified: 25 Apr 2015 06:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/7849

Actions (login required)

View Item View Item