MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI MELALUI MODELLING (PENELITIAN PADA SISWA KELAS X SMU NEGERI 1 SEMARANG TAHUN AJARAN 2008/2009)

A. FEBI YANTO , 1301403065 (2009) MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI MELALUI MODELLING (PENELITIAN PADA SISWA KELAS X SMU NEGERI 1 SEMARANG TAHUN AJARAN 2008/2009). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI MELALUI MODELLING (PENELITIAN PADA SISWA KELAS X SMU NEGERI 1 SEMARANG TAHUN AJARAN 2008/2009)) - Published Version
Download (732Kb)

    Abstract

    Kepercayaan diri perlu dimiliki perlu dimiliki oleh setiap individu. Ada yang memiliki kepercayaan diri rendah atau kepercayaan diri tinggi seperti yang terjadi di SMU Negeri 1 Semarang kelas X. Bagi siswa yang memiliki kepercayaan diri tinggi rendah dapat ditingkatkan melalui modeling. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana gambaran kepercayaan diri siswa sebelum dan setelah mendapatkan modeling dan apakah permasalahan siswa yaitu kepercayaan diri siswa yang rendah dapat ditingkatkan setelah mendapatkan modeling. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui gambaran kepercayaan diri siswa sebelum dan setelah mendapatkan modeling dan mengetahui permasalahan siswa yaitu kepercayaan diri yang rendah dapat ditingkatkan setelah mendapatkan modeling. Penelitian ini dalam bentuk pre-ekspermental designs yang digunakan yaitu onegroup pretest-postest design. Pada design ini terdapat pre test sebelum diberi perlakuan dan post test setelah diberi perlakuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala kepercayaan diri. Sedangkan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis uji Wilcoxon. Uji validitas dan reliabilitas dalam penelitian ini adalah 64 butir soal, dan 53 butir soal dinyatakan valid dan reliabel. Berdasarkan hasil pre test kepercayaan diri siswa kelas X SMU Negeri 1 Semarang Tahun Ajaran 2008/2009 tergolong memiliki kriteria rendah. Hal ini berarti kepercayaan diri baik batin, lahir dan spiritual dapat dikatakanamsih rendah. Sedangkan berdasarkan hasil post test, menunjukkan adanya peningkatan tingkat kepercayaan diri, baik secara batin, lahir dan spiritual. Walaupun perbedaan antara pre test dan post test tidak terlalu besar, namun hasil yang di peroleh secara keseluruhan signifikan. Hal ini dibuktikan dengan uji Wilcoxon yang menyatakan bahwa indeks signifikansi pada Z hitung hasilnya signifikan. Untuk Z hitung = - 2.803, dengan indeks signifikansi 0.00506. Karena 0.00506 < 0.05 maka hasilnya signifikan, yaitu kepercayaan diri siswa kelas X SMU Negeri 1 Semarang Tahun Ajaran 2008/2009 dapat ditingkatkan setelah mendapatkan modeling., sehingga Ha diterima dan Ho ditolak.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kepercayaan Diri, Modeling
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
    Depositing User: dwi perpus unnes
    Date Deposited: 01 Apr 2011 02:06
    Last Modified: 25 Apr 2015 00:09

    Actions (login required)

    View Item