Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD (Student Team Echievement Division) dengan Menggunakan Media Pembelajaran ”Kartu Soal” untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Sosiologi Siswa Kelas XI SMA Teuku Umar Semarang”.

Ani Wijiyanti , 3501403530 (2007) Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD (Student Team Echievement Division) dengan Menggunakan Media Pembelajaran ”Kartu Soal” untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Sosiologi Siswa Kelas XI SMA Teuku Umar Semarang”. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD (Student Team Echievement Division) dengan Menggunakan Media Pembelajaran ”Kartu Soal” untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Sosiologi Siswa Kelas XI SMA Teuku Umar Semarang”.) - Published Version
Download (1216Kb)

    Abstract

    Salah satu penyebab rendahnya hasil belajar mata pelajaran sosiologi adalah kurang menariknya pembelajaran. Oleh karena itu dibutuhkan suatu alternatif untuk mengembangkan pembelajaran. Salah satunya adalah dengan pendekatan pembelajaran kooperatife tipe STAD. Dari hal tersebut muncul permasalahan, lebih efektif mana antara pembelajaran dengan pendekatan kooperatife tipe STAD dengan model pembelajaran ceramah terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA Teuku Umar Semarang pada pokok bahasan masyarakat multikultural. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Teuku Umar Semarang tahun pelajara 2006/2007, dengan jumlah siswa 115 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan tehnik cluster random sampling, sejumlah 58 siswa yang terbagi dalam kelompok eksperimen yaitu kelas XI sos 1 sebanyak 30 siswa dan kelompok kontrol yaitu kelas XI sos 2 sebanyak 28 siswa, dan satu kelas uji coba yaitu kelas XI sos 3 yang terdiri atas 28 siawa. Variabel dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe STAD dengan menggunakan media pembelajaran ”kartu soal”, dan penerapan model pembelajaran ceramah. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi, metode tes, dan metode angket. Data awal dari penelitian ini diperoleh dari nilai hasil ulangan ahir semester pada pokok bahasan sebelumnya. Dari data tersebut diperoleh kedua kelompok berawal dari keadaan yang sama (mempunyai varian dan rata-rata nilai yang hampir sama). Setelah kedua kelompok diberi perlakuan yang berbeda, yaitu kelompok eksperimen dengan pendekatan kooperatife tipe STAD dan kelompok kontrol dengan menggunakan model pembelajaran ceramah, maka kedua kelompok diberi tes. Diperoleh rata-rata nilai kelompok eksperimen yaitu 77.41-84.92 dan rata-rata nilai kelompok kontrol yaitu 58.66-69.55. Analisis data yang digunakan adalah uji t, dari perhitungan diperoleh t = 5.313, dengan dk = 57 dan taraf nyata 5 % maka diperoleh t (0.95)(57) = 1.67. Karena t hitung lebih besar dari t maka Ho ditolak artinya rata-rata nilai kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok control. Hal ini didukung juga oleh hasil observasi siswa yang menunjukan keaktifan siswa semakin baik dan hasil angket yang menunjukan siswa lebih bersemangat dalam belajar. Terbukti dengan hasil angket yang menunjukan bahwa siswa lebih hitungtabel banyak yang menjawab ”senang/ya” dengan penerapan model pembelajaran STAD. Berdasarkan uraian di atas maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan kooperatife tipe STAD lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran ceramah. Untuk itu penyusun menyarankan agar pembelajaran dengan pendekatan kooperatife tipe STAD dapat diterapkan dan digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran sosiologi

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran kooperatife, STAD, hasil belajar
    Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 01 Apr 2011 02:02
    Last Modified: 25 Apr 2015 00:09

    Actions (login required)

    View Item