Perbedaan Latihan Drive dengan Diumpan Terus Menerus dan Bergantian Terhadap Kemampuan Drive Pada Mahasiswa Putra Peserta IKK Tenis Jurusan PKLO FIK UNNES Tahun 2011


Andi Fahrur Rozi, 6301407028 (2011) Perbedaan Latihan Drive dengan Diumpan Terus Menerus dan Bergantian Terhadap Kemampuan Drive Pada Mahasiswa Putra Peserta IKK Tenis Jurusan PKLO FIK UNNES Tahun 2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Perbedaan Latihan Drive dengan Diumpan Terus Menerus dan Bergantian Terhadap Kemampuan Drive Pada Mahasiswa Putra Peserta IKK Tenis Jurusan PKLO FIK UNNES Tahun 2011]
Preview
PDF (Perbedaan Latihan Drive dengan Diumpan Terus Menerus dan Bergantian Terhadap Kemampuan Drive Pada Mahasiswa Putra Peserta IKK Tenis Jurusan PKLO FIK UNNES Tahun 2011) - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Andi Fahrur Rozi. 2011. Perbedaan Latihan Drive dengan Diumpan Terus Menerus dan Bergantian Terhadap Kemampuan Drive Pada Mahasiswa Putra Peserta IKK Tenis Jurusan PKLO FIK UNNES Tahun 2011. Skripsi, Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang. Permasalahan penelitian adalah apakah ada perbedaan latihan drive dengan diumpan terus menerus dan bergantian terhadap kemampuan drive pada mahasiswa putra peserta IKK tenis Jurusan PKLO FIK UNNES tahun 2011, jika ditemukan perbedaan mana yang lebih baik antara latihan drive dengan diumpan terus menerus dan bergantian terhadap kemampuan drive pada mahasiswa putra peserta IKK tenis jurusan PKLO FIK UNNES tahun 2011. Tujuan penelitian untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan latihan drive dengan diumpan terus menerus dan bergantian terhadap kemampuan drive, jika ditemukan perbedaan mana yang lebih baik antara latihan drive diumpan terus menerus dan bergantian terhadap kemampuan drive. Populasi penelitian mahasiswa putra peserta IKK tenis Jurusan PKLO FIK UNNES tahun 2011 dengan jumlah 22 mahasiswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling, cara yang digunakan untuk merandomisasi menggunakan cara undian dengan jumlah sampel 16 mahasiswa. Variabel penelitian ini yang menjadi variabel bebas yaitu latihan drive dengan diumpan terus-menerus dan bergantian serta variabel terikat yaitu kemampuan drive. Metode penelitian menggunakan eksperimen. Metode analisis data penelitian menggunakan statistik dengan t-test menggunakan rumus pendek. Hasil analisis data diperoleh nilai t-hitung sebesar 3,090. Nilai t-tabel dengan taraf signifikansi 5% dan derajat kebebasan (d.b) 7 adalah sebesar 2,365. Karena t-hitung lebih besar t-tabel atau 3,090 > 2,365, maka dapat disimpulkan ada perbedaan antara latihan drive dengan diumpan terus menerus dan bergantian terhadap kemampuan drive pada mahasiswa putra peserta IKK tenis jurusan PKLO FIK UNNES tahun 2011. Dari uji beda mean kelompok eksperimen lebih besar dari kelompok kontrol atau 20,84 > 17,78, maka dapat disimpulkan bahwa latihan drive dengan diumpan terus menerus lebih baik dari latihan drive diumpan bergantian terhadap kemampuan drive. Saran; 1) Pelatih hendaknya memberikan latihan drive diumpan terus menerus untuk meningkatkan kemampuan drive pada pemain. 2) Bagi mahasiswa lain yang tertarik melakukan penelitian sejenis dapat membandingkan hasil penelitian ini dengan metode yang lain agar diperoleh informasi yang semakin akurat terkait suatu metode yang tepat dalam meningkatkan kemampuan pukulan drive pada petenis.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: O Sport > Physical fitness
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: Users 3313 not found.
Date Deposited: 14 Nov 2011 00:36
Last Modified: 25 Apr 2015 06:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/7788

Actions (login required)

View Item View Item