PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS IV MELALUI PENDEKATAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) DI SDN 2 SUKODADI KABUPATEN KENDAL
RINI SULASIH, 1402908147 (2011) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS IV MELALUI PENDEKATAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) DI SDN 2 SUKODADI KABUPATEN KENDAL. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG(UNNES).
Preview |
PDF (PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS IV MELALUI PENDEKATAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) DI SDN 2 SUKODADI KABUPATEN KENDAL)
Download (3MB) | Preview |
Abstract
Sulasih, Rini. 2011. Judul “Peningkatan Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas IV melalui Pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) di SDN 2 Sukodadi Kabupaten Kendal. Sarjana Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Dra. Munisah, M.Pd. Pembimbing II Dra. Arini Estiastuti, M.Pd. 86 halaman. Kata Kunci : Prestasi Belajar, IPS, CTL. Penelitian ini diadakan dengan latar belakang bahwa belum maksimalnya pelaksanaan metode pembelajaran yang digunakan di SDN 2 Sukodadi Kendal, serta rendahnya prestasi belajar siswa. Hasil ulangan semester siswa pada tahun pelajaran 2009/2010 diketahui ketuntasan belajar hanya 35%, dengan rata-rata kelas 58. Melihat data hasil belajar siswa dan pelaksanaan proses pembelajaran IPS maka perlu untuk mengadakan inovasi pembelajaran yang melibatkan siswa belajar dengan kesungguhan dan menyenangkan agar tercipta suasana belajar mengajar yang kondusif, serta meningkatkan kemampuan guru dan aktivitas siswa, sebagai upaya peningkatan prestasi belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini: Apakah melalui Pendekatan CTL kemampuan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS dapat ditingkatkan? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan guru, aktivitas siswa, serta hasil belajar siswa terhadap penggunaan pendekatan CTL pada pembelajaran IPS siswa kelas IV SDN 2 Sukodadi. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, yang masing-masing siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi dengan subyek penelitian guru dan siswa kelas IV. Teknik analisis data yang di gunakan adalah: untuk data kuantitatif dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif sedangkan data kualitatif dianalisis dengan memberikan koding. Hasil dari penelitian ini adalah: Pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa 62 dengan ketuntasan belajar 45%. Pada siklus II ketuntasan KKM 73% dengan rata-rata 66, sedangkan pada tindakan siklus III rata-rata prestasi belajar siswa meningkat menjadi 84, dengan ketuntasan belajar 81%. Persentase kemampuan guru pada siklus I dari 50% meningkat pada siklus III menjadi 75%. Persentase aktivitas siswa juga meningkat dari 33%, pada pelaksanaan siklus III meningkat menjadi 71% dengan kategori baik. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah melalui pendekatan CTL, kemampuan guru, aktivitas siswa serta prestasi belajar siswa meningkat. Saran dari hasil penelitian ini adalah: kepada guru agar dapat menerapkan model pendekatan CTL sebagai salah satu upaya untuk mencari solusi permasalahan pembelajaran IPS khususnya dan dapat diterapkan pada mata pelajaran lain.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Prestasi Belajar, IPS, CTL. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Users 3263 not found. |
Date Deposited: | 14 Nov 2011 00:36 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 06:52 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/7778 |
Actions (login required)
View Item |