PENGARUH FASILITAS LABORATORIUM KOMPUTER DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA DIKLAT KKPI PADA SISWA KELAS X AP SMK NEGERI 9 SEMARANG TAHUN AJARAN 2010/2011


Badi’atur Rodliyah, 7101407140 (2011) PENGARUH FASILITAS LABORATORIUM KOMPUTER DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA DIKLAT KKPI PADA SISWA KELAS X AP SMK NEGERI 9 SEMARANG TAHUN AJARAN 2010/2011. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG (UNNES).

[thumbnail of PENGARUH FASILITAS LABORATORIUM KOMPUTER DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA DIKLAT KKPI PADA SISWA KELAS X AP  SMK NEGERI  9 SEMARANG TAHUN AJARAN 2010/2011]
Preview
PDF (PENGARUH FASILITAS LABORATORIUM KOMPUTER DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA DIKLAT KKPI PADA SISWA KELAS X AP SMK NEGERI 9 SEMARANG TAHUN AJARAN 2010/2011)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Badi’atur Rodliyah. 2011. Pengaruh Fasilitas Laboratorium Komputer dan Kompetensi Guru terhadap Presatasi Belajar Mata Diklat KKPI pada Siswa Kelas X Program Keahlian AP SMK Negeri 9 Semarang Tahun 2010/2011. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I : Dra.Suhermini, M.Si. Pembimbing II : Drs. Marimin, M.Pd. Kata Kunci : Fasilitas Laboratorium Komputer, Kompetensi Guru dan Prestasi Belajar. Pencapaian prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor, diantaranya adalah fasilitas laboratorium komputer dan kompetensi guru, dengan adanya fasilitas laboratorium komputer yang memadai maka akan meningkatkan prestasi belajar mata diklat Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi, begitu pula dengan kompetensi guru, dengan kompetensi guru yang tinggi maka akan meningkatkan prestasi belajar mata diklat KKPI. Berdasarkan persepsi siswa tentang fasilitas laboratorium komputer untuk praktik sudah baik dan kompetensi guru sudah tinggi, akan tetapi kenyataannya masih banyak siswa yang memperoleh nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal yaitu 7,2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fasilitas laboratorium komputer dan kompetensi guru berpengaruh terhadap prestasi belajar. Hal ini dibuktikan dengan uji F yang diperoleh Fhitung = 71,248 sehingga H3 yang berbunyi ”Ada pengaruh yang positif fasilitas laboratorium komputer dan kompetensi guru terhadap prestasi belajar mata diklat KKPI”, diterima. Pada pengujian secara parsial (uji t) untuk variabel fasilitas laboratorium komputer (X1) diperoleh thitung = 2,583 dengan signifikansi 0,011<0,05, sehingga H1 yang berbunyi “Ada pengaruh yang positif fasilitas laboratorium komputer terhadap prestasi belajar mata diklat KKPI”, diterima. Untuk variabel kompetensi guru (X2) diperoleh thitung = 4,606, dengan signifikansi 0,000<0,05 sehingga H2 yang berbunyi “Ada pengaruh yang positif kompetensi guru terhadap prestasi belajar mata diklat KKPI”, diterima. Secara simultan fasilitas laboratorium komputer dan kompetensi guru berpengaruh terhadap prestasi belajar sebesar 60,4%. Secara parsial pengaruh fasilitas laboratorium komputer terhadap prestasi belajar sebesar 6,92 % dan pengaruh kompetensi guru terhadap prestasi belajar sebesar 19,1%. Simpulan penelitian ini adalah fasilitas laboratorium komputer dan kompetensi guru berpengaruh terhadap prestasi belajar baik secara simultan maupun parsial, disarankan kepada siswa hendaknya lebih meningkatkan keterampilan komputer. Pihak sekolah untuk meningkatkan fasilitas laboratorium komputer terutama menambah buku-buku penunjang/literatur yang berkaitan dengan mata diklat KKPI. Guru disarankan untuk lebih meningkatkan pemberian tugas praktik atau soal-soal bagi siswa agar lebih meningkatkan prestasi belajar siswa. Bagi peneliti lanjut disarankan untuk menambah variabel lain baik faktor ekstern maupun intern yang berpengaruh terhadap pencapaian prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Fasilitas Laboratorium Komputer, Kompetensi Guru dan Prestasi Belajar.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Users 3263 not found.
Date Deposited: 14 Nov 2011 00:39
Last Modified: 25 Apr 2015 06:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/7770

Actions (login required)

View Item View Item