Peningkatan Prestasi Belajar Siswa melalui Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) dengan Media CD Pembelajaran pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas IVA SDN 02 Karangayu Semarang


Ana Eka Prihatiningsih, 1402407136 (2011) Peningkatan Prestasi Belajar Siswa melalui Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) dengan Media CD Pembelajaran pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas IVA SDN 02 Karangayu Semarang. Under Graduates thesis, unnes.

[thumbnail of Peningkatan Prestasi Belajar Siswa melalui Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) dengan Media CD Pembelajaran pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas IVA SDN 02 Karangayu Semarang]
Preview
PDF (Peningkatan Prestasi Belajar Siswa melalui Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) dengan Media CD Pembelajaran pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas IVA SDN 02 Karangayu Semarang)
Download (6MB) | Preview

Abstract

Prihatiningsih, Ana Eka. 2011. Peningkatan Prestasi Belajar Siswa melalui Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) dengan Media CD Pembelajaran pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas IVA SDN 02 Karangayu Semarang. Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Harmanto, S.Pd, M. Pd. Dosen Pembimbing II Dra. Renggani, M. Si. Kata kunci: penelitian tindakan kelas, Numbered Head Together, media CD pembelajaran, peningkatan prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Pada pelaksanaan pembelajaran PKn yang ada di SD Negeri 02 Karangayu Semarang belum begitu optimal. Keadaan guru balum menggunakan metode yang bervariasi, keadaan siswa yang kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran. Hal tersebut yang menyebabkan materi yang disampaikan oleh guru kurang terserap dengan baik oleh siswa sehingga menyebabkan prestasi belajar siswa yang rendah. Pembelajaran dengan menggunakan model cooperative learning tipe Numbered Head Together dengan media CD pembelajaran merupakan salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah model cooperative learning tipe Numbered Head Together dengan media CD pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas guru dalam pelajaran PKn kelas IVA SDN 02 Karangayu Semarang?, (2) Apakah model cooperative learning tipe Numbered Head Together dengan media CD pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pelajaran PKn kelas IVA SDN 02 Karangayu Semarang?, (3) Apakah model cooperative learning tipe Numbered Head Together dengan media CD pembelajaran dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada pelajaran PKn kelas IVA SDN 02 Karangayu Semarang?.Sedangkan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan prestasi belajar siswa dalam pelajaran PKn kelas IVA SDN 02 Karangayu Semarang dengan menggunakan model cooperative learning tipe Numbered Head Together dengan media CD pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SDN 02 Karangayu Semarang. Jumlah siswa 35 yang terdiri dari 25 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus yang meliputi empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model cooperative learning tipe Numbered Head Together dengan media CD pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan prestasi belajar siswa dalam pelajaran PKn. Hasil aktivitas guru menunjukkan bahwa pada siklus I rat-rat skor sebesar 2,8, pada siklus II menjadi 3,3 dan siklus III adalah 3,4. Sedangkan hasil observasi ratarata aktivitas siswa pada siklus I sebesar 2,53 meningkat menjadi 2,86 pada siklus II dan 3,17 pada siklus III. Selain itu prestasi hasil belajar siswa pada siklus I persentase ketuntasan sebesar 65,71% meningkat pada siklus II dengan persentase 74,29% dan meningkat lagi menjadi 80 % pada siklus III. Nilai tersebut memenuhi indikator keberhasilan yang telah ditetapkan. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model cooperative learning tipe Numbered Head Together dengan media CD pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan prestasi belajar siswa dalam pelajaran PKn.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: penelitian tindakan kelas, Numbered Head Together, media CD pembelajaran, peningkatan prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 3257 not found.
Date Deposited: 14 Nov 2011 00:40
Last Modified: 25 Apr 2015 06:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/7764

Actions (login required)

View Item View Item