PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, SIKAP ILMIAH SISWA, DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 TAYU KABUPATEN PATI TAHUN AJARAN 2007/2008


Dewi Kurnia Suci , 3301404529 (2009) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, SIKAP ILMIAH SISWA, DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 TAYU KABUPATEN PATI TAHUN AJARAN 2007/2008. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, SIKAP ILMIAH SISWA, DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 TAYU KABUPATEN PATI TAHUN AJARAN 2007/2008]
Preview
PDF (PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, SIKAP ILMIAH SISWA, DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 TAYU KABUPATEN PATI TAHUN AJARAN 2007/2008) - Published Version
Download (596kB) | Preview

Abstract

Tingginya motivasi dalam diri siswa diharapkan dapat menunjang prestasi belajar yang dicapai siswa. Tetapi pada kenyataannya berdasarkan observasi awal di SMA Negeri 1 Tayu motivasi belajarnya diduga kurang yang berakibat pada rendahnya prestasi belajar yang dicapai siswa. Sikap ingin tahu, luwes, jujur, serta kritis pada waktu terjadi pembelajaran dapat mendukung serta meningkatkan prestasi belajarnya. Tetapi pada kenyataannya berdasarkan keterangan dari guru SMA Negeri 1 Tayu, sikap ilmiah siswa masih menunjukkan kurang ke arah positif. Anak dalam belajar perlu perhatian orang tua. Dukungan orang tua mempunyai peranan penting untuk meningkatkan kepercayaan diri individu dalam mengatasi permasalahan yang dialami oleh anak. Bentuk keberhasilan pendidikan dapat dilihat dari prestasi belajar siswa. Berdasarkan data awal yang diperoleh fakta bahwa nilai ulangan Akuntansi SMA Negeri 1 Tayu khususnya kelas XI IPS masih tergolong rendah yaitu dengan rata-rata 59. Keberhasilan dalam belajar tidak sesuai dengan harapan dapat disebabkan oleh beberapa faktor penghambat yaitu tujuan, guru, anak didik, kegiatan pengajaran, alat evaluasi, bahan evaluasi, dan sarana evaluasi. Berdasarkan hal tersebut dapat dikatakan bahwa adanya motivasi belajar, sikap ilmiah, dan perhatian orang tua yang baik dapat menunjang prestasi belajar yang baik pula. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana tingkat prestasi belajar, motivasi belajar, sikap ilmiah siswa, dan perhatian orang tua siswa dan apakah motivasi belajar, sikap ilmiah siswa, dan perhatian orang tua berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa baik secara parsial dan simultan di SMA Negeri 1 Tayu Kabupaten Pati Tahun Ajaran 2007/2008. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat prestasi belajar, motivasi belajar, sikap ilmiah siswa, dan perhatian orang tua siswa dan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar, sikap ilmiah siswa, dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa baik secara parsial dan simultan di SMA Negeri 1 Tayu Kabupaten Pati Tahun Ajaran 2007/2008. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tayu Kabupaten Pati Tahun Ajaran 2007/2008 yang berjumlah 156 siswa. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik proportional random sampling yang berjumlah 112 siswa. Ukuran sampel yang digunakan yaitu dengan menggunakan rumus slovin. Variabel bebas (X) dalam penelitian ini adalah motivasi belajar (X1), sikap ilmiah siswa (X2), dan perhatian orang tua (X3) sedangkan variabel terikat (Y) adalah prestasi belajar Ekonomi. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode angket dan metode dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis deskriptif persentase, analisis regresi ganda, uji prasyarat penggunaan regresi, dan uji asumsi klasik. Berdasarkan analisis regresi menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar, sikap ilmiah siswa, dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar ekonomisiswa kelas XI SMA Negeri 1 Tayu Kabupaten Pati baik secara persial maupun simultan. Secara parsial, untuk variabel motivasi belajar siswa (X1) diperoleh thitung sebesar 2,633 dengan signifikansi 0,010<0,05, variabel sikap ilmiah siswa (X2) diperoleh thitung sebesar 2,080 dengan signifikansi 0,040<0,05 dan pada variabel perhatian orang tua (X3) diperoleh thitung sebesar 2,374 dengan signifikansi 0,019<0,05. Secara simultan didapat nilai Fhitung sebesar 16,842 dengan tingkat signifikansi 0,000<0,05 yang berarti signifikan yang menunjukkan bahwa ada pengaruh motivasi belajar siswa, sikap ilmiah siswa, dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar ekonomi. Besarnya kontribusi motivasi belajar terhadap prestasi belajar sebesar 0,0605 atau 6,05%, sikap ilmiah siswa terhadap prestasi belajar ekonomi sebesar 0,0384 atau 3,84%, dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar ekonomi sebesar 0,0497 atau 4,97%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar, sikap ilmiah siswa, dan perhatian orang tua berpengaruh positif baik secara parsial maupun simultan terhadap prestasi belajar Ekonomi kelas XI SMA Negeri 1 Tayu Kabupaten Pati. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini adalah guru dalam penyampaian materi hendaknya dengan menggunakan metode yang bervariasi supaya siswa lebih menyukai mata pelajaran ekonomi dan prestasi belajar siswa dapat optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Sikap Ilmiah, Perhatian Orang Tua, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 01 Apr 2011 04:29
Last Modified: 25 Apr 2015 04:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/776

Actions (login required)

View Item View Item